TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

340 Jamaah Haji Bone Berangkat Tahun Ini, Tertinggi Kedua di Sulsel

 


INSTINGJURNALIS.Com--Pemerintah akan memberangkatkan 340 jamaah haji asal Kabupaten Bone. Jumlah tersebut tertinggi kedua setelah Kota Makassar dengan 516 calon jamaah haji pada penyelenggaraan ibadah haji tahun 1443 hijriah.


Kementerian Agama (Kemenag) Wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel) mengungkapkan kuota haji Sulsel 2022 disepakati sebanyak 3.302 jemaah. Makassar mendapatkan kuota terbesar.


"Iya. Sudah ada surat resmi Menteri Agama hari ini. Sulsel mendapatkan 3.302 kuota," ungkap ungkap Kabid Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Sulsel Ali Yafid, Selasa (26/04/2022).


Ali Yafid menuturkan bila dibandingkan dengan kuota 2020 yang mencapai 7.272 orang, ada sekitar 3.970 orang yang tertunda keberangkatannya. Ini karena Arab Saudi membatasi hanya menerima 1 juta jemaah haji.


"Kuota yang berangkat ini pusat yang tentukan. Datanya kan ada di Siskohat (Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu). Kita hanya menerima penyampaian," jelasnya.


Setelah adanya kepastian kuota haji ini, pihaknya kini fokus untuk melakukan persiapan keberangkatan. Seperti manasik, koordinasi dengan Kantor Imigrasi, Dinkes dan pihak terkait lainnya. Ini untuk menjamin keberangkatan haji usai tertunda 2 tahun imbas pandemi bisa lancar.


"Jadi pemberangkatan kloter pertama 4 Juni sehingga masuk asrama haji nanti 3 Juni," tukasnya.


Untuk diketahui, pemerintah Indonesia dan Arab Saudi resmi menyepakati jumlah kuota haji pada tahun 2022. Yakni, 100.051 jemaah.


Komentar0

Type above and press Enter to search.