Sinjai Satu-satunya di Sulsel Percontohan Kurikulum Merdeka Belajar

Kunjungan BBPMP dan BBGP Sulsel ke Kabupaten Sinjai.


INSTINGJURNALIS.COM  Kabupaten Sinjai, menjadi satu-satunya daerah di Sulsel yang menjadi project chapter kurikulum merdeka belajar, khususnya program perencanaan berbasis data (PBD). 


Mengenai hal itu, Kepala Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Provinsi Sulsel, Imran bersama rombongan dari Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Sulsel, Kamis (12/1/2023).


Selama berada di Sinjai sejumlah satuan pendidikan di bawah naungan Dinas Pendidikan Sinjai, dikunjungi seperti SDN 103 Bontompare, SDN 3 Sinjai, SMPN1 dan 7 serta PKBM Batu Tellue.


Kunjungan ke beberapa sekolah ini, dalam rangka menggali informasi terkait implementasi kurikulum merdeka di Kabupaten Sinjai.


Mereka didampingi penjabat Sekertaris daerah (Sekda) Andi Jefrianto Asapa bersama Plt Kepala Dinas Pendidikan Sinjai, Irwan Suaib.


Imran mengatakan, ekosistem pendidikan di Kabupaten Sinjai dinilai sangat menarik sehingga  memunculkan embrio untuk melahirkan inovasi dalam memajukan pendidikan di Sinjai. 


"Tentu ini tidak lepas dari dukungan dari berbagai pihak, tinggal memanfaatkan peluang tersebut terlebih di Sinjai ini transformasi digitalisasi sudah tidak diragukan lagi melalui program MACCA," jelasnya. 


Plt Kadis Pendidikan Sinjai, Irwan Suaib menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada BBPMP Sulsel atas kepercayaannya menunjuk Sinjai sebagai percontohan untuk program PBD.


Menurutnya, ini adalah pembuktian sekaligus menjadi tantangan bagi seluruh satuan pendidikan dalam menerapkan program dari Kemendikbudrisktek melalui BBPMP Propinsi Sulsel. 


"Ini tantangan bagi kami untuk bagaiaman menerapkan di semua satuan pendidikan. Kami percaya dengan komitmen bersama di Dinas pendidikan dan dukungan dari Pemkab, program ini bisa kita wujudkan di Sinjai dan menjadi contoh bagi daerah lain," tuturnya. 


Sementara itu, Penjabat Sekda Sinjai Andi Jefrianto Asapa menjelaskan bahwa pemerintah daerah sangat mendukung kebijakan merdeka belajar terlebih Sinjai dipilih sebagai percontohan untuk program perencanaan berbasis data. 


"Program ini sangat sejalan dengan kebijakan bapak Bupati Sinjai khususnya program satu yang berbasis satu pintu sehingga tim dari BBPMP Sulsel datang ke Sinjai untuk melihat sejauh mana kesiapan kita," katanya. 


Andi Jefrianto berharap dengan ditunjuknya Sinjai sebagai percontohan, jajaran Disdik Sinjai lebih termotivasi lagi dan bisa menjawab kepercayaan dari Kemendikbudristek dengan melahirkan berbagai inovasi dan prestasi. (Satria)


Bagikan :
RajaBackLink.com