TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Dimulai, STQH VI Kabupaten Sinjai Dipusatkan di Masjid Islamic Center

 

Peserta STQH Kabupaten Sinjai. (Salim)

INSTINGJURNALIS.COM  Kegiatan keagamaan Seleksi Tilawatil Qur'an dan Hadis (STQH) VI (6) Tingkat Kabupaten Sinjai tahun 2023 resmi dimulai, Senin (13/3/2023) malam.


Dipusatkan di Masjid Islamic Center di Lingkungan Tanassang, Kelurahan Alehanuae, STQ VI akan berlangsung hingga tanggal 16 Maret 2023 mendatang.


Ketua panitia STQH, Andi Reza Amran menjelaskan, ada 4 cabang lomba yang akan dipertandingkan. Mulai dari cabang lomba seni baca Al-Qur'an, tafsir Al-Qur'an, hafalan Al-Qur'an, dan hafalan hadis.


Untuk cabang seni baca Al-Qur'an terdiri atas 2 golongan, yakni tilawah anak-anak dan dewasa. Kemudian, hafalan Al-Qur'an terdiri atas kategori 1 juz dan tilawah, 5 juz dan tilawah, 10 juz, 20 juz, dan 30 juz.


Sedang, cabang lomba hafalan hadis kata Plt. Kabag Kesra Setdakab Sinjai, ini terdiri dari golongan hafalan 500 hadis tanpa sanad dan hafalan 100 hadis dengan sanad.


"Pada pelaksanaan STQH tahun ini, kita melibatkan 21 orang dewan hakim untuk menilai para peserta. Dewan hakim tersebut merupakan para profesional dan telah memiliki pengalaman," jelasnya.


STQ VI Tingkat Kabupaten Sinjai, dibuka Wakil Bupati Sinjai, Hj. Andi Kartini Ottong. Dalam sambutannya, mengharapkan agar STQH dapat menjadi ajang untuk meningkatkan kecintaan terhadap kitab suci Al-Qur'an dan Hadis Nabi Muhammad SAW.


"Melalui STQH diharapkan memberikan motivasi kepada masyarakat untuk tidak henti-hentinya belajar membaca, menghafalkan, dan mengamalkan Al-Qur'an dan Hadis dalam kehidupan sehari-hari," pintanya.


Pada pembukaan STQH, turut dihadiri para Pimpinan Forkopimda, Wakil Ketua 1 DPRD Sinjai, Sabir serta kafilah dari 9 kecamatan. Diketahui, kegiatan ini sebagai ajang seleksi untuk mengikuti STQ Tingkat Provinsi yang tahun ini dilaksanakan di Kabupaten Kepulauan Selayar. (Satria)



BERLANGGANAN ARTIKEL, IKUTI KAMI : [ADS]


Komentar0