TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Samakan Persepsi, FGD Pembinaan Statistik Sektoral Digelar BPS dan Diskominfosandi Sinjai

 


INSTINGJURNALIS.COM   Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sinjai menggelar Focus Group Discussion (FGD) Pembinaan Statistik Sektoral tahun 2023, di Aula Pertemuan BPS Sinjai, Selasa, (21/3/2023)


Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Sinjai, Dr. Mansyur, dan dihadiri Kepala Bidang Statistik dan Persandian, Usman, dan sejumlah perwakilan OPD. Hadir pula Kepala BPS Arif Miftahuddin melalui virtual.


Dalam sambutannya, Mansyur menyampaikan bahwa, FGD ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dan membangun sinergi antara BPS selaku pembina data statistik, kemudian selaku walidata dari Dinas Kominfo serta berbagai OPD selaku produsen data dalam rangka mewujudkan Satu Data Indonesia.


"Sesuai dengan Perpres nomor 39 bahwa BPS adalah pembina data, sehingga pada hari ini kami menyampaikan terima kasih kepada BPS karena telah mengundang kita semua untuk melaksanakan FGD tentang bagaimana mengola dan mencari data sesuai dengan tugas pokok masing-masing," ujarnya.


Mansyur mengatakan, data yang berkualitas harus memenuhi standar data, metadata, sesuai dengan Perpres 39 tahun 2019 sangat diperlukan dalam menyusun perencanaan, melakukan evaluasi, membuat keputusan dan memformulasikan kebijakan agar sasaran kegiatan yang telah ditetapkan dapat dicapai dengan efektif dan efesien termasuk data-data yang ada di Kabupaten Sinjai.


"Kami dari Dinas Kominfo yang menerima data dari OPD, tentu berharap agar data yang diimput dan disampaikan bisa tepat waktu, karena paling lambat bulan April sudah harus di publikasikan," harapnya.


Untuk mencapai itu perlu didukung dengan ketersediaan data data, sehingga diharapkan dengan tersedianya satu data di Kabupaten Sinjai bisa mengangkat kualitas pembangunan manusia di Bumi Panrita Kitta.


Dalam kesempatan ini, Kadis Kominfo juga membawakan materi tentang peranan Dinas Kominfo sebagai walidata dalam mewujudkan satu data di tingkat daerah. Kemudian, Koordinator Fungsi IPDS BPS Sinjai, Andi Kartini menyampaikan materi Penerapan Standar Data Statistik. (Satria)



BERLANGGANAN ARTIKEL, IKUTI KAMI : [ADS]


Komentar0

Type above and press Enter to search.