TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Memaknai, Rekaman Wawancara Presiden Soekarno



INSTINGJURNALIS.COM, Presiden Soekarno, juga dikenal sebagai Bung Karno, adalah tokoh penting dalam sejarah Indonesia. Dia lahir pada tanggal 6 Juni 1901 di Surabaya, Jawa Timur, dan meninggal pada tanggal 21 Juni 1970 di Jakarta, Indonesia.

Soekarno adalah salah satu pendiri dan proklamator kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Ia menjadi presiden pertama Republik Indonesia dan memegang jabatan tersebut dari tahun 1945 hingga 1967. Kepemimpinannya ditandai dengan semangat nasionalisme, kepahlawanan, dan pidato-pidato yang mempengaruhi banyak orang.

Selama masa pemerintahannya, Soekarno memprakarsai berbagai program dan kebijakan nasionalis, termasuk program ekonomi yang dikenal dengan nama "ekonomi terpimpin" dan politik luar negeri yang independen. Dia juga memainkan peran penting dalam mengoordinasikan perjuangan antikolonial di Asia dan Afrika dan mendirikan Gerakan Non-Blok.




Pada tahun 1967, Soekarno menghadapi tekanan politik yang meningkat dan dia digulingkan dari jabatannya sebagai presiden oleh Orde Baru yang dipimpin oleh Jenderal Soeharto. Setelah digulingkan, Soekarno ditempatkan di bawah tahanan rumah di Jakarta dan menghabiskan sisa hidupnya di sana.

Presiden Soekarno adalah tokoh yang kontroversial dan berpengaruh dalam sejarah Indonesia. Meskipun ada berbagai pandangan tentang kebijakan dan kepemimpinannya, dia tetap dianggap sebagai bapak pendiri bangsa Indonesia dan salah satu tokoh terbesar dalam perjuangan kemerdekaan negara ini.

Komentar0