TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Andi Olivia Terus Mengawal Program Bantuan Pendidikan di Kabupaten Sinjai

 

Andi Olivia Batari Sugi Anggota DPRD Sinjai Periode 2019-2024. (Arsip Insting)

INSTINGJURNALIS.COM  [ADS]  -  Untuk mencerdaskan kehidupan bangsa menjadi salah satu misi pemerintah Indonesia dan itu adalah idaman seluruh rakyat, tentu peran wakil rakyat di setiap wilayah sangat dibutuhkan seperti yang tertuang dalam Misi Undang-undang Dasar 1945 alinea keempat.

Andi Olivia Batara Sugi dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang merupakan salah satu Anggota DPRD Kabupaten Sinjai, mengurai tentang peranan Anggota DPRD terhadap konstituennya.

Menurutnya salah satu bentuk usaha untuk mencerdaskan kehidupan bangsa adalah melalui pendidikan. "Pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tatalaku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran Pendidikan," jelasnya, Sabtu (20/1).

Kemudian ditambahkannya, tujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa berarti memastikan seluruh warga negara Indonesia memiliki kesempatan dan akses ke pendidikan yang layak dan berkualitas.

"Ini bukan hanya tanggung jawab negara dan pemerintah, tetapi juga seluruh warga negara, khususnya wakil rakyat dimana sifatnya wajib memperhatikan kebutuhan pendidikan masyarakat tanpa harus pandang bulu," tambah Oliv ditengah kesibukannya selaku Caleg dari partai PKB dapil I Kabupaten Sinjai ini.

Adapun menurutnya, tak hanya peran guru dalam mencerdaskan bangsa ini selaku penyampai informasi pendidikan tetapi juga pembentuk karakter, penuntun bakat, dan pilar moral.

"Mereka para tenaga pendidik adalah merupakan agen perubahan yang membantu menciptakan generasi yang cerdas, bertanggung jawab, dan siap menghadapi masa depan, " sambungnya.

Kemudian dijelaskanya Program wajib belajar 12 tahun, peran anggota DPRD itu harus nyata dan amanah untuk bersikap seperti memperhatikan bantuan program seperti pemberian beasiswa pada murid bagi yang tidak mampu dan berprestasi, perjuangkan menambah alokasi anggaran untuk fasilitas pendidikan, dan memberikan dana subsidi bagi murid.

"Itu wajib bagi kita selaku anggota DPRD baik itu dalam bentuk pengawalan agar pendidikan dapat merata dinikmati oleh masyarakat, dimana mewajibkan setiap anak yang sudah cukup umur untuk menempuh pendidikan setidaknya hingga pendidikan menengah atas karena tidak hanya dapat mengubah nasib sang anak, wajib belajar juga akan mengubah nasib keluarga mereka di masa depan dan generasi-generasi selanjutnya," jelas Oliv.

Selain itu Anggota DPRD dari Fraksi PKB ini juga menjelaskan beberapa amanah yang telah diupayakan di Kabupaten Sinjai dalam bentuk peduli partai terhadap Pendidikan. Dirinya mengaku akan mempertahankan program bantuan bea siswa pendidikan yang selama ini berjalan dan dinikmati warga Sinjai.

"Insya Allah ada bentuk program peduli pendidikan selama ini kita jalankan itu saya merasa harus dan sifatnya wajib untuk dilanjutkan karena masih banyak masyarakat kita merasa ingin terbantu dengan bentuk bantuan bea siswa bagi yang tidak mampu dan kami terus mengawal program itu baik dari pemerintah pusat dan organisasi untuk masyarakat Sinjai," tutup anggota DPRD Sinjai milenial periode 2019-2024 ini. (**)



BACA BERITA LAINNYA DISINI 

SIMAK BERITA & ARTIKEL LAINNYA DI GOOGLE NEWS   

ATAU BERLANGGANAN DI TELEGRAM

Komentar0