Terindikasi Lakukan Mark-up, Polisi Bakal Periksa Seluruh Panwascam Bone

06 August 2019 | 11:59 WIB

Bagikan:
Sumber ilustrasi: Radarpesbar


INSTINGJURNALIS.Com- Penyidik Tipikor Satreskrim Polres Bone sementara melakukan pemeriksaan kepada seluruh Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) sekaitan dengan adanya dugaan korupsi anggaran Bimbingan Teknis (Bimtek).

Kasat Reskrim Polres Bone, Iptu Muh Pahrun mengatakan, sejak kemarin sudah ada tiga Panwascam diperiksa yakni, Tanete Riattang Timur, Kecamatan Palakka, dan Kecamatan Bengo.

"Sebelumnya dari Bendahara Bawaslu juga sudah dimintai keterangan soal pertanggung jawaban anggaran, dan kemarin sudah dilakukan pemeriksaan tiga Panwas kecamatan," katanya saat ditemui di kantornya Senin (05/08/2019).

Dan setiap harinya penyidik bakal memeriksa tiga orang Panwascam. Mulai dari Ketua hingga anggota, dan itu akan digilir terus hingga melakukan klarifikasi ke Komisioner Bawaslu. Kata dia, pihaknya akan terus menggenjot pemeriksaan terhadap kasus ini.

 "Semua akan kita panggil. Tapi, nanti disesuaikan karena keterbatasan anggota. Yang pasti semua kena giliran," tambahnya.

Sementara terkait modus operandinya, Kasat Reskrim mengatakan, berdasarkan keterangan yang dihimpun ada dugaan penyalahgunaan anggaran di Bawaslu Bone pada 2018 lalu. Ada indikasi korupsi dengan modus mark up dan penyalahgunaan anggaran sosialisasi.

"Tak hanya itu, ada juga dugaan korupsi pada item pemeliharan kendaraan dinas. Bahkan berdasarkan RAB ada anggaran untuk pemeliharaan kendaraan roda dua senilai total Rp145 juga untuk Panwascam dan pengadaan sewa roda empat senilai total Rp278 untuk Bawaslu Kabupaten yang faktanya juga tak terealisasi," Jelas Pahrun.

(Muhammad Ram) 
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI