Korlantas Polri Bakal Luncurkan Aplikasi Smart SIM, Ini Keunggulannya!

9/15/2019 | 21:19 WIB

Bagikan:
Kanit Regident Satlantas Polres Bone, Ipda Adi Wijaya (Kiri dibangku kedua) saat menghadiri  di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa (27/8/2019).

INSTINGJURNALIS.Com--Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri meluncurkan terobosan Smart Surat Izin Mengemudi (SIM) yang dapat digunakan untuk pembayaran kendaraan dan belanja. Smart SIM berbeda dengan yang terdahulu karena sekarang akan dilengkapi berbagai fitur canggih.

Kanit Regident Satlantas Polres Bone, Ipda Adi Wijaya yang turut hadir dalam sosialisasi di Jakarta itu menyebutkan, beberapa keunggulan Smart SIM. Salah satunya, telah terkoneksi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).

Semua identitas telah teridentifikasi oleh forensik. "Mulai 22 September 2019 (Hari Lalu Lintas Bhayangkara) akan kita lakukan grand launching yang saat itu berlaku di seluruh Indonesia," ujar Adi Wijaya.

Fungsi lain Smart SIM, yaitu semua pelanggaran lalu lintas tercatat secara elektronik, baik pelanggaran ringan, sedang maupun berat. Bahkan, catatan pernah mengalami kecelakaan lalu lintas semua tercatat secara elektronik.

"Ini juga ada manfaatnya, kita bisa melakukan evaluasi secara lebih baik tentang perilaku pengemudi. Kemudian pada saatnya juga kita bisa melakukan penghargaan terhadap pemegang SIM yang tidak melakukan pelanggaran. Jadi ada reward dan punishment yang betul-betul secara elektronik bisa kita lakukan penilaian," katanya.

Selain itu, kata dia, Smart SIM dapat digunakan untuk menyimpan uang elektronik. Sehingga dapat diintegrasikan ke semua pembayaran termasuk belanja di supermarket.

"Smart SIM dapat berfungsi sebagai e-money dengan saldo maksimal Rp2 juta dan dapat diisi oleh pemegang SIM," tambah Ipda Adi Wijaya.

Dia menambahkan, Smart SIM tidak wajib dimiliki setiap pengemudi, namun bersifat penawaran yang diberikan oleh Korlantas Polri. "Itu adalah hak pemilik SIM, kalau itu dianggap perlu silakan diaktivasi," katanya.

(Muhammad Ram)
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI