Bimtek, Cara Dinsos Sinjai Verivali Data Terpadu Kesejahteraan Sosial

10/22/2019 | 12:44 WIB

Bagikan:
Bimtek, Cara Dinsos Sinjai Verivali Data Terpadu Kesejahteraan Sosial
Kepala Dinas Sosial Sinjai, Muh. Irvan

INSTINGJURNALIS.com -
Sebagai langkah untuk memudahkan melakukan verifikasi dan validasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai melalui Dinas Sosial terus berinovasi.

Memandang hal tersebut, Dinsos melakukan Bimbingan Tekhnis (Bimtek) pemutakhiran data terpadu kesejahteraan sosial berbasis android (Siks Droid). Bimtek ini berlangsung selama dua hari di Aula Hotel Rofina, Kelurahan Biringere, Kecamatan Sinjai Utara.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sinjai Akbar Mukmin, usai membuka kegiatan tersebut mengatakan, dengan di Implementasikannya aplikasi ini diharapkan proses verifikasi dan validasi menjadi lebih efektif dan efisien.

Dengan begitu kata dia, hal ini dapat memberi manfaat bagi pelaksanaan penanggulangan kemiskinan, khususnya kontribusi bagi ketetapan data sasaran.

Sehingga kolaborasi dan kesamaan data antara Kabupaten, Provinsi dan Pusat itu tidak diragukan lagi, dalam hal ini validasi data melalui TKSK berbasis android tersebut bisa diyakini kebenarannya.

"Jadi dengan adanya bimtek ini
pemberian bantuan nanti tidak bias atau dalam hal ini bisa tetap sasaran dan diterima secara puas dan menyenangkan bagi masyarakat yang menerima," kata Akbar, Selasa (22/10/2019).

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Sinjai, Muh. Irvan menuturkan, Bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan komitmen pemerintah dalam melaksanakan verifikasi dan validasi data kesejahteraan sosial.

"Verifikasi dan validasi data penting untuk mewujudkan data yang akurat, termutakhirkan (up to date) dan terintegrasi dalam satu data. Dengan demikian akan terwujud ketepatan sasaran penerima manfaat program penyelengaraan kesejahteraan sosial," ujarnya.

(Lilis/Ardy)
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI