Ajarkan Pertolongan Pertama, Dinkes Sinjai Gelar Medical First Responder Rescue

11/26/2019 | 19:01 WIB

Bagikan:
Ajarkan Pertolongan Pertama, Dinkes Sinjai Gelar Medical First Responder Rescue

INSTINGJURNALIS.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sinjai menggelar pelatihan Medical First Responder Rescue dan Sistim Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (MFR dan SPGDT).

Kepala Seksi Yankes Primer Dinkes Sinjai, dr. Fatmawati mengemukakan, pelatihan yang berlangsung selama tiga hari ini melibatkan peserta dari Security, Satuan Pengamanan Puskesmas, Penanggung jawab UGD dan PSC 119.

Kata dia, pelatihan ini penting untuk memberikan pemahaman dan keterampilan dasar bagi medik maupun non medik. Apalagi, dalam kecelakaan itu, bisa saja terjadi pada individu maupun kelompok dan dimana saja.

"Jadi apabila misalnya terjadi kecelakaan, sebelum pra atau dirujuk ke rumah sakit sebisa mungkin siapa pun yang sudah mempunyai keterampilan khusus dasar bisa melakukan tindakan sesuai dengan apa yang terjadi dan yang telah diajarkan nantinya," ujar Fatma saat ditemui, Selasa (26/11/2019).

Apalagi, memiliki keterampilan dasar pertolongan pertama merupakan hal yang penting dalam mengarungi hidup ini. Sebab, ketika terjadi suatu musibah, kecelakaan atau bencana, biasanya pemahaman akan pertolongan pertama sangatlah penting dimiliki masyarakat.

Pelatihan ini menghadirkan narasumber dari Polres Sinjai yakni, Kanit Lakalantas, Ipda Mukramin dan PSC 119 Makassar.

(Ardy/Sar)
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI