Bunda PAUD di Kukuhkan, Andi Nurhilda Singgung Soal Penanganan Stunting

12/23/2019 | 13:47 WIB

Bagikan:
Bunda PAUD di Kukuhkan, Andi Nurhilda Singgung Soal Penanganan Stunting

INSTINGJURNALIS.com - Bunda Pendidikan Usia Dini (PAUD) Kecamatan dan Kelurahan atau Desa se-Kabupaten Sinjai baru saja dikukuhkan di Gedung Pertemuan Sinjai, Jalan Persatuan Raya, Kecamatan Sinjai Utara, Senin, (23/12/2019).

Pengukuhan ini disaksikan langsung oleh Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa, Plt Kepala Dinas Pendidikan Andi Suryanto Asapa, Forkopimda, Para Kepala OPD, Para Camat, Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Sinjai, Koordinator Pengawas Kabupaten Sinjai, dan Para Tenaga Pendidik Kabupaten Sinjai.

Bunda PAUD Kabupaten Sinjai, Hj. Nurhilda Daramata Seto yang memimpin pengucapan Ikrar pengukuhan menekankan, kepada Bunda Paud agar senantiasa dapat menangani dan memberikan pengetahuan stunting dimulai dengan melihat tumbuh kembang anak PAUD yang ada di daerahnya masing-masing.

"Termasuk mengingatkan para orang tua anak untuk memberikan asupan gizi seimbang sesuai dengan kebutuhan umurnya. Dikarenakan Kabupaten Sinjai sangat potensial dalam hal Sumber Daya Alam yang mampu menghasilkan bahan makanan yang bergizi," imbuhnya.

Lebih lanjut Istri Bupati Sinjai itu, menghimbau kepada Bunda PAUD yang baru saja dikukuhkan agar mengemban amanah dan memberikan dampak positif dalam peningkatan layanan PAUD yang berkualitas di Kabupaten Sinjai.

“Keberhasilan anak usia dini merupakan landasan bagi keberhasilan pendidikan pada jenjang berikutnya. Usia dini merupakan “usia emas” bagi seseorang, artinya bila seseorang pada masa itu mendapatkan pendidikan yang tepat bagi pertumbuhan dan perkembangan jasmani maupun rohaninya, maka ia akan memperoleh kesiapan baik yang merupakan salah satu kunci utama keberhasilan belajar pada jenjang berikutnya," tukasnya.

Terkhusus kepada para Guru PAUD Sinjai agar lebih kreatif dan inovatif dalam menciptakan pembelajaran usia dini bagi anak. Hal ini Agar anak-anak merasa tidak tertekan dan terpaksa menerima pembelajara di usia yang memang semestinya masih dalam tahap bermain.

"Hal ini sejalan dengan apa yang disampaikan oleh Menteri Pendidikan RI yang menyarankan agar dunia pendidikan tidak berjalan monoton," kata Nurhilda.

Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa, mengemukakan, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memiliki peran yang strategis dalam pengembangan sumber daya manusia Indonesia.

"PAUD merupakan wadah untuk memaksimalkan pencapaian tumbuh kembang anak, sehingga kelak mereka akan menjadi modal pembangunan yang memiliki daya saing tinggi, yang akan mampu membawa Indonesia menjadi negara bermartabat sejajar dengan negara-negara lain," tuturnya. (*)

Editor : Ardy
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI