Cegah Penyakit Kronis, Puskesmas Manimpahoi Rutin Gelar Senam Prolanis

1/17/2020 | 09:48 WIB

Bagikan:
https://beritanow.com/beasiswa-penuh-d3-s1-s2-di-brunei-darussalam-tahun-2020/

INSTINGJURNALIS.com - Puluhan staf Puskesmas Manimpahoi, Kecamatan Sinjai Tengah, Kabupaten Sinjai bersama warga setempat menggelar senam Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis), Jumat (17/1/2020) pagi.

Pengelolah Prolanis Puskesmas Manimpahoi, Leny Marlina mengatakan, senam yang rutin dilaksanakan di pelataran Puskesmas Manimpahoi guna untuk meningkatkan derajat kesehatan dan menekan penyakit tidak menular dalam hal ini Hipertensi dan Diabetes miletus pada khususnya.

Manfaat dari senam prolanis ini kata dia, untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah penyakit kronis seperti hypertensi, diabetes mellitus serta jantung.

"Kegiatan tersebut rutin di laksanakan sebagai langkah awal penekanan angka kesakitan pada khususnya penderita penyakit tidak menular," ungkapnya.

Usai melakukan senam, peserta pun mendapat pemeriksaan kesehatan dan mendengarkan paparan ahli dalam menjaga kesehatan misalnya, penyuluhan tentang diabetes awam dan cara mengatasinya dengan pemanfaatan obat herbal.

Penyuluhan itu disampaikan oleh dokter umum, Irma Hayani.

"Dengan dilakukannya senam setiap hari Jumat dan Minggu berjalan yang dilanjutkan dengan penyuluhan-penyuluhan diharapkan masyarakat yang berpotensi dengan penyakit tidak menular dapat ditekan dengan perpaduan senam, pemeriksaan labiratorium, penyuluhan, dan pemberian contoh contoh obat herbal," kata Leny.

Senam Prolanis ini turut dihadiri Kepala Puskesmas Manimpahoi Muh. Kaswin, Kepala Tata Usaha Puskesmas, Staf peserta Prolanis  dan warga diwilayah kerja puskesmas Manimpahoi. (**)

Editor : Ardy
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI