Keren! Pria Asal Pinrang Ini Sukses Terbangkan Pesawat Buatannya

1/16/2020 | 20:34 WIB

Bagikan:
Keren! Pria Asal Pinrang Ini Sukses Terbangkan Pesawat Buatannya
Screenshot video penerbangan pesawat buat pria asal Pinrang, Sulawesi Selatan

INSTINGJURNALIS.com - Salah satu video penerbangan pesawat buatan salah seorang warga Kelurahan Pallameang, Kecamatan Matiro Sompe, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan bernama Haerul (33) ramai diperbincangkan di media sosial.

Pasalnya, pria yang hanya tamatan Sekolah Dasar (SD) berhasil merakit pesawat dengan menggunakan barang rongsokan seadanya.

Proses uji coba penerbangannya digelar di Pantai Ujung Tape, Kecamatan Mattiro Sompe, Kabupaten Pinrang, Rabu (15/1/2020) kemarin.

Sukses menerbangkan pesawat rakitannya yang memiliki mesin dari motor kawasaki 150 CC, Haerul mengaku senang.

Dalam uji coba yang keenam kalinya itu, Haerul akhirnya berhasil menerbangkan pesawatnya. Pesawat tersebut berhasil berkeliling di atas permukaan laut Ujung Tape.

"Alhamdulillah sudah berhasil kami terbangkan," kata Haerul dikutip TribunPinrang.com.

Pria kelahiran 1986 ini sangat terobsesi untuk menciptakan pesawat terbang. Haerul mengatakan, dirinya tak terinsipirasi oleh siapa-siapa dalam pembuatan pesawat tersebut. Hanya saja, ia memang suka dunia pesawat sejak kecil.

"Hanya coba-coba. Kebetulan sejak kecil suka dunia pesawat," paparnya

Haerul menjelaskan, proses pembuatan pesawat tersebut ia pelajari secara otodidak lewat youtube.

"Kami hanya berbekal petunjuk video yang ada di youtube," paparnya.

Beberapa tahun lalu, Haerul juga pernah mencoba membuat hellikopter. Namun, gagal dan terkendala dalam penyeimbangan baling-baling. Saat ini, ia dan sejumlah rekannya mencoba hal baru dengan membuat peswat sederhana.

"Alhamdulillah kali ini berhasil diterbangkan," pungkasnya.

Aksi Haerul menuai pujian dari berbagai kalangan. Apalagi, nekat bertaruh nyawa saat mencoba pesawat buatannya. Untuk diketahui, pesawat tersebut terbuat dari rongsokan besi dan aluminum. (**)

Editor : Satria
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI