Suryanto Asapa : 16 Puskesmas Disiagakan Lakukan Penanganan Awal Virus Corona

3/16/2020 | 11:45 WIB

Bagikan:
Suryanto Asapa : 16 Puskesmas Disiagakan Lakukan Penanganan Awal Virus Corona
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai dr. Andi Suryanto Asapa saat memberiakn arahan dalam apel gabungan Lingkup Pemkab Sinjai,  Senin (16/3/2020) pagi tadi.

INSTINGJURNALIS.com - Seluruh puskesmas yang ada di Kabupaten Sinjai disiagakan untuk melakukan penanganan awal apabila ditemukan warga yang dicurigai terkena virus corona.

"Jika merasakan gejala-gejala seperti demam, flu, batuk, segera periksa ke puskesmas. Jangan dibiarkan atau dianggap sakit biasa karena kita sudah siagakan 16 puskesmas untuk penanganan awal,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai dr. Andi Suryanto Asapa saat memberiakn arahan dalam apel gabungan Lingkup Pemkab Sinjai,  Senin (16/3/2020) pagi tadi.

Langkah itu kata Suryanto untuk mengantisipasi penyebaran wabah virus corona yang saat ini masih membuat resah warga.

Kendati penyebaran virus ini terbilang masif, Ia mengatakan sampai saat ini belum ditemukan pasien positif terkena virus mematikan tersebut di Sinjai.

"Kemarin ada pasien yang dirawat di Rumah Sakit yang dicurigai apalagi mereka datang Luar Negeri dan setelah kami lakukan pemeriksaan hasilnya negatif dan kini sudah dipulangkan ke rumahnya," tandasnya.

Andi Suryanto mengharapkan kepada warga dan pemerintah Desa agar melaporkan ke Puskesmas jika ada pendatang dari luar untuk dilakukan pemeriksaan kesehatannya.

Dr.  Dedeth sapaan Kadinkes Sinjai menjelaskan bahwa penularan virus corona dapat melalui kontak fisik yang dilakukan oleh penderita. Gejala awal dari penderita corona adalah demam, batuk kering, lemas, dan sesak nafas. (ads)

(Satria)
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI