2 Tahun Berjalan, 13.413 Masyarakat Sinjai Nikmati Seragam Sekolah Gratis Pemkab

7/06/2020 | 22:48 WIB

Bagikan:
Bupati Sinjai Andi Seto Asapa, saat menyerahkan Bantuan seragam kepada murid SD Negeri 103 Bontompare dan siswa SMP Kelas 1 di halaman SMP Negeri 1 Sinjai Utara, Sabtu (30/11/2019)

INSTINGJURNALIS.com - Memasuki tahun kedua, program seragam dan perlengkapan sekolah gratis yang digulirkan Pemerintah Kabupaten Sinjai tak terasa mewajibkan 13.413 masyarakat Sinjai menikmati pendidikan secara gratis dengan bantuan tersebut.

Betapa tidak, pada tahun pertama Pemerintahan Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) bersama Wakilnya Hj. Andi Kartini Ottong telah membagikan 6.747 pasang seragam dan perlengkapan sekolah gratis untuk siswa baru di tingkat SD dan SMP se-Kabupaten Sinjai pada Tahun 2019 lalu.

Karena merupakan program unggulan dan Visi Misi Bupati ASA, pada Tahun 2020 ini seragam sekolah gratis ini kembali akan menyapa para siswa baru SD dan SMP.

Jumlahnya, untuk siswa baru SD sebanyak 3.511 orang dan SMP 3.155 orang, sehingga total keselurahan mencapai 6.666 orang siswa. Demikian diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Sinjai, Andi Jefrianto Asapa, Senin (6/7/2020).

Menurutnya, bantuan seragam sekolah gratis ini merupakan komitmen dan Visi Misi Bupati Sinjai dalam memajukan pendidikan di Kabupaten Sinjai. Juga sebagai upaya mengurangi angka putus sekolah.

Saat ini kata Jefrianto, bantuan seragam sekolah gratis sementara dalam tahap proses pembuatan. Dalam pembuatannya sedikitnya 34 UKM yang dilibatkan.

Artinya, secara tidak langsung harapan Pemkab Sinjai untuk mewujudkan lapangan kerja baru bagi masyarakat yang memiliki keterampilan jahit menjahit juga dapat terwujud.

Apalagi dalam pengadaan ini, tentu dikedepankan wirausaha lokal guna untuk mengambil alih pekerjaan pengadaan seragam sekolah yang berjangka panjang itu. Dimana sebelumnya juga Pemkab Sinjai telah melakukan pembinaan bagi UMKM yang ada di Kabupaten Sinjai. Salah satunya dengan membagikan bantuan mesin jahit.

(Sar)

Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI