Puskesmas Balangnipa Intens Ingatkan Masyarakat Soal Protokol Kesehatan Covid-19

7/06/2020 | 14:44 WIB

Bagikan:
Puskesmas Balangnipa Intens Ingatkan Masyarakat Soal Protokol Kesehatan Covid-19

INSTINGJURNALIS.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sinjai melalui Puskesmas yang tersebar di sembilan Kecamatan intens melakukan sosialisasi dan edukasi ke masyarakat tentang protokol kesehatan Covid-19, sebagai upaya antisipasi dan pencegahan Virus Corona.

Seperti halnya, Puskesmas Balangnipa, Kecamatan Sinjai Utara. Sosialisasi dalam gedung dan luar gedung terus dilakukan untuk mengingatkan protokol kesehatan pada pasien dan keluarga pasien yang berada diruang tunggu Puskesmas dan pada Pasien Rawat inap.

Setidaknya dalam sosialisasi tersebut beberapa hal menurut, Petugas Promosi kesehatan Puskesmas Balangnipa, Andi Sriwiyani disampaikan kepada masyarakat secara langsung.

"Kami dari Puskesmas Balangnipa intens memberikan himbauan tentang protokol kesehatan dalam pencegahan virus corona kepada warga. Misalnya, menghimbau agar sering melakukan cuci tangan pakai sabun dan air mengalir, tetap jaga jarak serta memaki masker saat diluar rumah," ungkap Sriwiyani, Senin (6/7/2020).

Selain itu, pihaknya juga rutin melakukan koordinasi secara aktif dalam hal ini pemerintah kecamatan setempat sampai tingkat terbawa dan  kerjasama lintas sektor, aparat Babinsa, Babinkantibmas, Lurah dan Kepala Lingkungan dalam penyebarluasan informasi pencegahan covid-19.

"Kami juga tetap melakukan pemantauan (surveilans migrasi) terhadap warga pendatang dan
aktif melakukan tracing atau pelacakan, penulusuran kontak erat terhadap keluarga pasien yang terkonfirmasi positif covid-19," tandasnya.

Tak hanya itu, dalam upaya untuk memutus matarantai penyebaran Covid-19 diwilayah Puskesmas Balangnipa, kata Sriwiyani bahwa pihaknya juga melakukan penyemprotan disenfektan dibeberapa titik seperti Klinik dan rumah yang terkonfirmasi positif.

(Satria)
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI