Target Setiap Desa Miliki BUMP, Cara Pemkab Sinjai Sejahterakan Petani

7/15/2020 | 12:22 WIB

Bagikan:
Target Setip Desa Miliki BUMP, Cara Pemkab Sinjai Sejahterakan Petani
Panen perdana padi varietas mekongga di Halaman KantorBalai Penyuluh Pertanian (BPP), Kekurahan Bongki, Kecamatan Sinjai Utara, Selasa (14/7).
INSTINGJURNALIS.com - Komitmen Pemerintah Kabupaten Sinjai dalam meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan bagi para petani di Bumi Panrita Kitta terus dilakukan.

Salah satunya dengan membentuk Badan Usaha Milik Petani (BUMP) di setiap desa dan kelurahan. Hingga saat ini sudah 20 BUMP yang tersebar di berbagai kecamatan serta 1 BUMP di tingkat Kecamatan.

Pembentukan BUMP ini juga merupakan visi dan misi Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) dan Wakil Bupati Hj. Andi Kartini Ottong  di bidang pertanian.

"Pembentukan BUMP disetiap desa dan kelurahan merupakan salah satu program unggulan Bupati dan Wakil Bupati Sinjai hingga ditahun 2023 sehingga kita targetkan ada 20 BUMP yang kita bentuk tiap tahun," kata Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortukultura dan Perkebunan Kabupaten Sinjai Hj. Marwatiah, Rabu (15/7/20).

Marwatiah mengatakan, 20 BUMP itu terbentuk pada tahun 2019 lalu, sementara di tahun 2020 ini Pemkab kembali berencana membentuk 20 BUMP, tetapi karena alokasi anggarannya mengalami refocussing akibat Covid-19 sehingga tahun ini ditiadakan.

"Target tahun ini ada 20 lagi kita bentuk namun adanya covid-19 maka dananya direfocussing sehingga tahun ini tidak ada, tapi tahun depan kita tambah targetnya sehingga 80 BUMP bisa tercapai sampai diakhir periode Bupati dan Wakil Bupati Sinjai, " tandasnya.

Tujuan didirikan BUMP ini sebagai wadah bagi petani untuk mendorong usaha tani dalam skala ekonomi berbasis kawasan pertanian, agribisnis sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani dan keluarganya.

"BUMP diharapkan dapat memfasilitasi petani untuk mengakses akses ke sumber permodalan, akses dan prasarana pertanian, asuransi pertanian, pengolahan dan pemasaran hasil pertanian," tambahnya. (*)

Editor : Satria
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI