Segini Jumlah Populasi Inseminasi Buatan di Sinjai Hingga September 2020

9/10/2020 | 21:18 WIB

Bagikan:
Segini Jumlah Populasi Inseminasi Buatan di Sinjai Hingga September 2020
Bupati Sinjai Andi Seto Asapa saat melakukan IB Plus untuk sapi warga di Desa Bulu Tellue Kecamatan Bulupoddo, Selasa (18/12/2018).


INSTINGJURNALIS.com - Meski Covid-19 tengah mewabah, namun hal itu tidak berpengaruh pada program inseminasi buatan (IB) yang dicanangkan Pemerintah Kabupaten Sinjai melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnak Keswan).

Buktinya, dari target 6 ribu ekor, kini telah terealisasi sebanyak 4.344 ekor hingga 10 September 2020.

"Realisasi hingga saat ini mencapai 4.344 ekor sapi atau sekitar 72,4 persen dari target," kata Kepala Seksi Budidaya dan Perbibitan Ternak Ruminansi Disnak Keswan Sinjai Hj. Rosdiana, Kamis (10/9/2020).

Sementara itu, anak sapi (pedet) yang lahir melalui hasil IB hingga saat ini kata Rosdiana mencapai 1.695 ekor sapi dari target 2 ribu ekor sapi. 

Sedangkan, jumlah induk sapi yang bunting hingga hari ini dari hasil IB sebanyak 2.386 ekor, sementara sapi yang sudah kawin alam mencapai 567 ekor.

"Hal ini menandakan bahwa kesadaran peternak untuk melakukan IB ternaknya sangat tinggi dan tentunya kami optimis target IB bisa kita capai hingga diakhir tahun," ujarnya. 

Sekedar diketahui, Pemkab Sinjai berkomitmen untuk terus meningkatkan populasi dan produksi sapi melalui program inseminasi buatan (IB) atau kawin suntik. 

Inseminasi buatan ini merupakan salah satu program unggulan Pemkab Sinjai dibawah Nakhoda Bupati Andi Seto Asapa dan Wakil Bupati Hj. Andi Kartini Ottong. 

Program ini juga sejalan dengan program pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian yaitu program sapi atau kerbau komoditas andalan negeri atau 'Sikomandan'. (*)

Editor : Satria

Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI