Adipura Terancam, Pusat Kota Bone Bak Pembuangan Sampah

1/27/2021 | 17:15 WIB

Bagikan:

Penulis : Musriandi/ Fahri

Editor :Muhammad Irham


INSTINGJURNALIS.Com--Cita-cita Kabupaten Bone untuk meraih piala adipura nampaknya jauh dari harapan. Wilayah perkotaan masih dikepung sampah.


Tumpukan sampah di pinggir Jalan Reformasi, Kelurahan Macanang, Kecamatan Tanete Riattang Barat, menjadi pemandangan sehari-hari bagi warga dan pengendara yang melintas. Tak heran beberapa warga yang melintas harus menutup mulut dan hidung lantaran bau yang menyengat.


Dari pantauan, tumpukan sampah yang terdiri dari plastik dan sampah rumah tangga itu menumpuk sepanjang 10 meter. Selain bau tak sedap, tumpukan sampah membuat pemadangan yang tidak menyenangkan.


Dari keterangan warga sekitar, lokasi tersebut dijadikan tempat pembuangan sampah sudah berbulan-bulan. Bahkan tampak sejumlah pemulung menunggu sampah. 


"Kita liat saja sampahnya menggunung begitu, baunya juga sangat menyengat setiap harinya," ungkap Nuraeni warga sekitar, Selasa (26/01/2021). 


Kadang ada pula warga yang melempar sampah begitu saja di luar kontainer hingga terjadi penumpukan di pinggir jalan itu.


“Walaupun masyarakat membuang sampah tidak pada tempatnya, tetapi Dinas Kebersihan tetap mengangkut tumpukan sampah,” tambah Nuraeni.


Warga berharap dicarikan solusi atau lokasi pembuangan sampah lain, sehingga tidak mengganggu arus lalu lintas dan pemandangan. Sebab jalur tersebut selalu ramah kendaraan.


“Pemerintah terkait agar menempatkan bak sampah di lokasi lain yang aman, demi menjaga kebersihan lingkungan dan mengubah kesadaran masyarakat agar tidak membuang sampah di pinggir jalan,” pinta Nuraeni.


Kepala Bidang Kebersihan DLHK Kabupaten Bone Andi heriadi baru mengetahui informasi terkait itu. Ia berjanji akan bertindak secepatnya. 


''Baru saya dapat informasi soal itu ndi karena saya juga baru 1 Minggu menjabat dan kami akan tindak lanjuti dan kami akan kirim tim ke lokasi untuk membersihkan tumpukan sampah yang dikeluhkan masyarakat," ujarnya, Rabu (27/01/2021).



Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI