TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Tahun Ini, Program Seragam Sekolah Gratis Bupati ASA juga Sasar Sekolah Swasta

 

Tahun Ini, Program Seragam Sekolah Gratis Bupati ASA juga Sasar Sekolah Swasta

INSTINGJURNALIS.com - Memasuki tahun ajaran baru 2021/2022 Pemerintah Kabupaten Sinjai kembali menyiapkan seragam sekolah gratis untuk murid baru kelas 1 Sekolah Dasar (SD) dan kelas VII SMP di Kabupaten Sinjai.


Pengadaan seragam tersebut, merupakan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Sinjai di bidang pendidikan yang sudah berjalan selama dua tahun terakhir selama kepemimpinan Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA).


Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai Andi Jefrianto Asapa mengatakan, bahwa pengadaan seragam gratis untuk tahun ajaran baru sementara dalam perampungan dan rencananya akan diserahkan pada saat memasuki tahun ajaran baru pada bulan Juli mendatang.


“Untuk memudahkan penyaluran seragam sekolah ini, di saat calon siswa mendaftar pihaknya langsung meminta ukuran baju dan celana kepada masing-masing pendaftar calon siswa baru,” kata Andi Jefrianto, Rabu (17/6/2021)


Meski begitu pihaknya, setiap tahunnya pihaknya berkomitmen agar selalu ada peningkatan. Jika sebelumnya bantuan ini hanya dinikmati siswa baru di sekolah negeri, maka mulai tahun ini seragam gratis tersebut juga dinikmati sekolah SD dan SMP berstatus swasta yang ada di Sinjai.


“Alhamdulillah tahun ini kita terus melakukan inovasi terhadap program unggulan ini dan berdasarkan arahan dan petunjuk dari bapak Bupati Sinjai, 6 sekolah swasta yang ada di Sinjai juga mendapatkan bantuan ini seperti Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Thoriqul Jannah di Kelurahan Bongki dan sekolah swasta lainnya,” ujarnya.


Dalam pengadaan seragam gratis ini seperti tahun sebelumnya pihaknya memberdayakan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam hal ini 20 penjahit lokal yang ada di Sinjai.


“Tahun ini kita siapkan 3.600 lebih paket seragam sekolah bersama kelengkapannya untuk siswa SD dan siswa SMP ada sekitar 2.000-an lebih, saat ini sudah tahap packing," jelasnya.


Terkait hal ini, Bupati ASA menyampaikan bahwa pembagian seragam gratis ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap pendidikan, dengan harapan dapat meningkatkan dan menunjang kualitas pendidikan di Sinjai serta meringankan beban biaya para orang tua siswa terlebih di masa pandemi saat ini.


“Di masa pandemi saat ini pendapatan masyarakat sangat berpengaruh. Meski keuangan daerah kita terbatas, tapi namanya yang pendidikan harus diprioritaskan karena hak dasar masyarakat. Makanya program ini terus berlanjut dan bahkan tahun ini kita perluas jangkauannya untuk sekolah swasta yang berada dibawah naungan Dinas Pendidikan Sinjai,” kata Bupati ASA.


Selain bantuan seragam sekolah, ASA membeberkan program bantuan pemberian beasiswa bagi mahasiswa berprestasi juga tetap berlanjut di tahun 2021.


Program pemberian beasiswa bagi mahasiswa berprestas ini, juga dalam rangka meningkatkan kecerdasan dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang berlandaskan iman dan takwa sesuai misi Pemkab Sinjai. 


Editor: Satria



Komentar0

Type above and press Enter to search.