Pemkab Sinjai Ikuti Verifikasi STBM Award tingkat Nasional

9/24/2021 | 20:36 WIB

Bagikan:



INSTINGJURNALIS.com - Jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai mengikuti verifikasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Award tahun 2021.


Verifikasi tingkat nasional oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) itu berlangsung secara virtual dari ruang rapat Sekretaris Daerah (Sekda) Sinjai, Jumat (24/9/2021).


Ketua tim pelaksana STBM, Supardi  mengatakan, verifikasi ini merupakan verifikasi tingkat nasional yang diikuti oleh Kabupaten Sinjai dengan kategori percepatan Open Defecation Free (ODF) setelah sebelumnya dilakukan verifikasi tingkat kabupaten oleh tim verifikasi dari Provinsi Sulawesi Selatan pada bulan April 2021 lalu.


"Hari ini telah dilaksanakan verifikasi tingkat nasional oleh tim verifikasi pusat yang dilakukan secara virtual, adapun yang memaparkan dokumen STBM award pada hari ini adalah Kepala Dinas Kesehatan Sinjai dr. Emmy Kartahara Malik," ujar Supardi.


Ketua Organisai Profesi Organisasi Profesi Sanitarian / Petugas Kesehatan Lingkungan (HAKLI) menambahkan setelah dilakukan verifikasi tingkat nasional tentunya tantangan kedepan akan semakin berat.


Mengingat bahwa kategori selanjutnya yang akan diikuti adalah STBM berkelanjutan yang menerapkan lima pilar STBM.


"Untuk itu kami sebagai tim pelaksana kegiatan dilapangan berharap tetap ada dukungan dari semua pihak yang ada di Kabupaten Sinjai terutama dari pemerintah daerah," harapnya.


Demikian juga dukungan dari semua OPD terkait, dari stakeholder, dan yang terpenting kata Supardi, dukungan dari pemerintah desa dan kelurahan yang ada di Kabupaten Sinjai.


Kegiatan yang dipandu oleh Dinkes Provinsi Sulsel dan Tim Penilai berasal dari Kemenkes RI dan Organisasi HAKLI Sulsel, dari Pemkab Sinjai dihadiri oleh Asisten 1 Setdakab, Andi Zainal Arifin, Kepala Dinas Kesehatan dr. Emmy Kartahara Malik, Kepala Bappeda Sinjai Irwan Suaib, Kabid Sospem Bappeda Dian Purnamasari.


Hadir pula Kepala Desa Lappacinrana, Ketua TP PKK Desa Lappa Cinrana, Sanitarian PKM Bulupoddo, Dinas PUPR, Kabid Kesmas Dinkes, dr. Aliawati Albek dan Tim Kesling Dinkes. 


(Satria)



Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI