Percepatan Digitalisasi, Andi Seto Asapa: Permudah Pelayanan dan Dongkrak Pendapatan Daerah

10/25/2021 | 18:07 WIB

Bagikan:

Satria


INSTINGJURNALIS.Com--Perkembangan penerapan teknologi informasi dan ekonomi digital yang menunjukan tren yang meningkat perlu disikapi berbagai pihak, termasuk oleh Pemerintah Daerah Sinjai. Pemerintah setempat melakukan penyusunan roadmap Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) sebagai upaya untuk memudahkan sistem penerimaan pendapatan daerah baik melalui retribusi maupun pajak daerah.


"Digitalisasi ini kedepannya akan mampu berkontribusi dalam mengoptimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dalam mewujudkan efisiensi, efektivitas dan transparansi pengelolaan keuangan," ungkap Andi Seto Asapa saat audiens dengan Kepala Perwakilan BI Sulsel Senin (25/10/2021). 


Hal itu, kata dia, telah dibuktikan dengan penerapan penarikan pendapatan daerah melalui digitalisasi seperti penarikan pajak restoran, hotel, BPHTB, PBB-P2, reklame, ditambah retribusi pariwisata hutan Mangrove Tongke-Tongke.


Di tempat yang sama, Kepala Perwakilan BI Sulsel, Rudy Bambang Wijanarko mengatakan tidak hanya mempermudah sistem pembayaran, namun juga memudahkan Pemerintah dalam transaksi pendapatan dan belanja Pemerintah Daerah dari cara tunai menjadi non tunai berbasis digital.


"Ini memang untuk lebih mempermudah transaksi perekonomian di daerah melalui Quick Response Indonesia Standar (QRIS)," jelasnya.

Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI