10 Kilometer Jalan di Sinjai Timur Bakal Dikerja Tahun Ini

2/22/2022 | 18:50 WIB

Bagikan:

 10 Kilometer Jalan di Sinjai Timur Bakal Dikerja Tahun Ini

INSTINGJURNALIS.com - Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2023 tingkat Kecamatan hingga, Selasa (22/2/2022) berlangsung di Kecamatan Sinjai Timur.


Kepala Bappeda Sinjai Irwan Suaib yang mewakili Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) membeberkan alokasi anggaran untuk pembangunan diwilayah tersebut sebesar Rp27,37 miliar.


Anggaran itu, diperuntukkan untuk pembangunan dari berbagai sektor demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Sinjai Timur. 

Adapun beberapa lokus kegiatan pembangunan untuk anggaran sebesar itu antara lain di bidang pendidikan dialokasikan anggaran senilai Rp 3,2 miliar untuk pembangunan laboratorium,  perpustakaan, rehabilitasi gedung sekolah dan ruang kelas, dan fasilltas lainnya di baik di sekolah tingkat PAUD, SD maupun SMP. 


Di sektor infrastruktur, peningkatan jalan pada 4 ruas jalan senilai Rp21 miliar, pembangunan sistem pengelolaan air limbah skala permukiman senilai Rp300 juta,  penyediaan fasilitas kesehatan senilai Rp1,5 miliar lebih,  pengadaan perangkat sistem informasi kesehatan  dan jaringan internet senilai Rp55 juta. 


Selain itu, pembangunan jalan produksi peternakan senilai Rp150 juta, irigasi sumur air tanah dangkal Rp150 juta, dan irigasi tersier senilai Rp75 juta.


Bantuan alsintan senilai Rp450 juta dan insentif petugas keagamaan Rp435 juta, serta hibah untuk 8 masjid dan 2 pesantren senilai Rp130 juta. 


Khusus untuk infrastruktur jalan,  sambung Kepala Bappeda,  Kabupaten Sinjai tahun ini memperoleh dana Alokasi Khusus (DAK) reguler sebesar Rp40 miliar,  dari jumlah tersebut Rp20,8 miliar dikucurkan untuk kecamatan Sinjai Timur. 


"Jadi total DAK reguler infrastruktur jalan yang dikucurkan di Kabupaten Sinjai sebesar Rp40 miliar,  setengahnya itu untuk ruas jalan yang ada di Kecamatan Sinjai Timur dengan total panjang berkisar 10 kilometer," jelasnya. 


Ruas jalan yang dimaksud masing-masing ruas jalan Bongki - Wae Pellae senilai Rp8,5 miliar, ruas jalan Buakang-Kaloling Rp3,9 miliar dan ruas jalan Maccini - Lasiai sebesar Rp8,4 miliar. Sedangkan khusus pelebaran jalan Dompili-Kaloling menggunakan Dana Insentif Daerah (DID) senilai Rp150 juta.

Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI