Bentuk Perhatian Bupati ASA, Rp15 Miliar Anggaran Dialokasikan untuk Pembangunan di Kecamatan Bulupoddo

2/16/2022 | 20:03 WIB

Bagikan:

 

Bentuk Perhatian Bupati ASA, Rp15 Miliar Anggaran Dialokasikan untuk  Pembangunan di Kecamatan Bulupoddo

INSTINGJURNALIS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai mengalokasikan anggaran yang cukup besar di Kecamatan Bulupoddo. Jumlahnya mencapai Rp 15 Miliar lebih.


Anggaran yang dialokasikan ini diperuntukkan untuk pembangunan infrastruktur jalan, pembangunan irigasi baru, rehab sekolah hingga pembangunan jalan tani.


Jumlah alokasi anggaran ini terungkap dalam pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) tahun 2023 tingkat kecamatan yang berlangsung di aula kantor Camat Bulupoddo, Rabu (16/2/2022)


Menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Sinjai, Drs Akbar, alokasi anggaran yang digelontorkan untuk Kecamatan Bulupoddo merupakan bentuk perhatian Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) terhadap pembangunan infrastruktur, kesehatan hingga pendidikan di wilayah Kecamatan.


"Ini salah satu bukti bahwa Bapak Bupati (ASA Read) tidak berhenti memikirkan kebutuhan warganya, tidak berhenti berfikir untuk kemajuan Desa dan di Kecamatan. Buktinya tahun ini total anggaran yang disiapkan untuk Bulupoddo Rp 15 Miliar lebih," kata Sekda Sinjai saat membuka Musrenbang tersebut.


Sekda Sinjai lebih jauh menjelaskan alokasi anggaran yang dialokasikan di wilayah kecamatan Bulupoddo itu seperti pembangunan jaringan irigasi Lamole, senilai Rp7,66 Miliar, peningkatan ruas jalan Lappa Cinrana-Sereng senilai Rp 4,02 Miliar, pembangunan Jalan Usaha Tani di Empat Desa yakni Bulu Tellue, Lamatti Riattang, Duampanuae, dan Tompobulu senilai Rp500 Juta.


Selanjutnya, bantuan Mesin dan Bangunan Penggilingan Padi (RMU) serta Hibah Pangan Lestari, untuk Program ketahanan pangan senilai Rp545 Juta, pengadaan RMU, Pembangunan Lumbung Pangan dan Lantai jemur di Desa Lamatti Riaja senilai Rp530 Juta dan penyediaan Fasilitas Pelayanan Kesehatan Untuk Puskesmas Bulupoddo senilai Rp348,67 Juta.


Kemudian Insentif Petugas Keagamaan, senilai Rp305,6 Juta, dan hibah untuk mesjid dan pesantren senilai Rp57,5 Juta, serta pembangunan Laboratorium dan Perpustakaan beserta mobilernya pada satuan pendidikan SD dan SMP senilai Rp471,9 Juta.


"Kepedulian pak Bupati terhadap pembangunan tidak perlu diragukan lagi karena pak Bupati ini berfikir bagaimana agar masyarakat sejahtera. Beliau selalu duduk bersama-sama dengan pihak Legislatif untuk membuat kebijakan yang berpihak kepada masyarakat baik dalam pembangunan fisik maupun pembangunan mental," jelasnya.


Kepala Bappeda Sinjai Irwan Suaib membeberkan, pembangunan infrastruktur yang bersentuhan langsung dengan masyarakat memang menjadi salah satu program prioritas Bupati ASA.


Sama halnya dengan pembangunan jaringan irigasi Lamole yang akan mengairi lahan pertanian seluas 200 hektare, sebagai upaya meningkatkan produktifitas pertanian, khususnya tanaman padi.


"Alhamdulillah tahun ini kita kembali mendapatkan alokasi anggaran khusus irigasi dan tahun ini kita kembali menjadi daerah di Indonesia Timur yang paling banyak mendapatkan anggaran irigasi," jelasnya.


Musrenbang tingkat kecamatan ini dipandu Camat Bulupoddo Syahrul Paesa dan dihadiri wakil Ketua II DPRD Sinjai, Mappahakkang, kepala OPD, unsur Tripika serta tokoh masyarakat, agama, pemuda hingga perwakilan pelajar.

Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI