Selama 2021, 16.345 Warga Rasakan Manfaat Program Home Care dan Home Visit Gagasan Bupati ASA

2/16/2022 | 13:42 WIB

Bagikan:

 Selama 2021, 16.345 Warga Rasakan Manfaat Program Home Care dan Home Visit Gagasan Bupati ASA

INSTINGJURNALIS.com - Menghadirkan pelayanan kesehatan yang semakin dekat dengan masyarakat menjadi komitmen serius Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai dibawah kendali Bupati Andi Seto Asapa (ASA).


Langkah nyata itu diwujudkan dengan memberikan akses kesehatan yang layak bagi masyarakat di Bumi Panrita Kitta sebutan Kabupaten Sinjai.


Upaya yang dilakukan dengan menghadirkan program Home Care Home Visit. Sejak digulirkan kurun waktu tiga tahun program door to door ini sedikitnya telah melayani puluhan ribu warga.


Khusus untuk tahun 2021 berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Sinjai Home Care melayani 5.586 warga sedangkan Home Visit sebanyak 10.759 warga. Jumlahnya mencapai 16.345 orang.


Diketahui bahwa, home care adalah pelayanan kesehatan yang dilakukan di rumah untuk meningkatkan dan mempertahankan kondisi kesehatan pasien secara berkesinambungan dan konprehensif menuju kemandirian dan terhindar dari akibat penyakit (kuratif dan rehabilitatif) yaitu pasien yang telah menjalani perawatan di Puskesmas dan Rumah Sakit.


Tujuan pelayanan home care yakni, untuk meningkatkan kualitas pelayanan pasien dirumah, menurunkan angka kesakitan di masyarakat, menurunkan angka rujukan penyakit ke rumah sakit, meningkatkan kunjungan sehat ke puskesmas, meningkatkan hubungan petugas kesehatan dengan pasien dan keluarga, meningkatkan kepuasan keluarga dan pasien, meringankan biaya keluarga dan pasien.


Sedangkan Home Visita dalah, kunjungan oleh tenaga kesehatan ketempat tinggal masyarakat, keluarga dan individu untuk mendata dan melihat keadaan yang sebenarnya dalam pelaksanaan program kesehatan (promotif dan preventif)


Home Visit Ini bertujuan untuk melakukan konseling dan promosi kesehatan, meningkatkan kemandirian masyarakat dalam mengatasi masalah kesehatannya, memaksimalkan perkembangan kesehatan dan pendidikan kesehatan terhadap pemeliharaan dan pencegahan penyakit.


Selain itu, untuk meningkatkan kemampuan individu, keluarga dan masyarakat untuk mempertahankan kesehatannya, meningkatkan kemampuan sumber daya pendukung yang ada dalam keluarga dan masyarakat dalam mengatasi masalah kesehatan.


Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Sinjai terus berkomitmen dalam memberikan pelayanan kesehatan berkualitas.


"Telah menjadi komitmen pemerintah daerah untuk memberikan akses pelayanan kesehatan yang prima dan berkualitas bagi seluruh masyarakat," kata ASA, Rabu (16/2/2022).


Menurutnya pemerintah daerah terus berupaya maksimal agar setiap warga dapat mengakses layanan kesehatan berkualitas yang mereka butuhkan tanpa mengalami kendala atau kesulitan.


Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI