Brukkk! Jembatan di Kajuara Bone Ambruk di Hantam Pohon Kelapa, Bagaimana Tanggapan PUPR?

5/09/2022 | 11:28 WIB

Bagikan:


INSTINGJURNALIS.Com--Jembatan Garimpang di Kabupaten Bone ambruk pada Minggu (08/05/2022). Jembatan tersebut berlokasi di atas sungai Garimpang Desa Kalero, Kecamatan Kajuara, Kabupaten Bone, Sulawesi-selatan.


Jembatan yang sementara proses pembangunan itu ambruk akibat diterjang pohon yang terseret arus sungai setelah diguyur hujan deras sejak beberapa hari terakhir. 


"Saat itu arus sungai menjadi cukup deras, atau dihantam pohon kelapa jembatan mungkin tak kuat menahan akhirnya ambruk," kata Jibang, Kabid Jalan dan Jembatan Dinas PUPR Kabupaten Bone, Senin (09/05/2022).


Jibang menjelaskan, Jembatan yang menggunakan anggaran Rp 6 M bersumber dari dana pinjaman (PEN) itu masih sementara dalam proses pembangunan. Kata dia, jembatan tersebut memang belum rampung.

"Jembatan masih belum rampung, sementara dalam proses pengerjaan, dan rencananya akan selesai pada Juni mendatang," jelasnya.


Oleh karena itu, Jibang mengatakan akibat kerusakan itu akan dilakukan pembongkaran kemudian kembali dipasang. "Jadi jembatannya akan dibongkar lalu dipasang kembali. Jadi tidak dilakukan penambahan anggaran, namun untuk termasuk rugi waktu, karena tidak ada yang rusak," katanya.


Diketahui, Pemerintah Kabupaten Bone mendapat pinjaman dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) melalui Kementerian Keuangan sebanyak Rp 300 miliar dengan bunga mencapai 6,19 persen. Pinjaman tersebut dimaksudkan untuk pembangunan infrastruktur di Kabupaten Bone termasuk pembangunan jembatan dan jalan.

Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI