Bangun Jalan Mulus, Bupati ASA Gelontorkan Puluhan Miliar di Tahun 2023

 

Jalan Bung Tomo Sinjai Utara, yang bakal dihotmix di tahun 2023.

INSTINGJURNALIS.COM   -   Program pembangunan infrastruktur Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA), nampaknya bukan isapan jempol belaka. Pasalnya, program tersebut terus direalisasikan hingga memasuki tahun kelima kepemimpinannya.


Hal tersebut menjadi bukti komitmen Bupati ASA dalam meningkatkan akses jalan, serta memperlancar koneksi antar wilayah yang berdampak pada perekonomian warga.


Di tahun 2023 ini, Bupati ASA telah menganggarkan untuk pembangunan infrastruktur jalan. Jumlahnya tidak tanggung-tanggung, sebesar Rp82,4 miliar.


Alasannya cukup sederhana, karena menurut Bupati ASA, jalan mulus dapat memperlancar akses warga. Pembangunan jalan beraspal itu juga untuk mengurangi jarak tempuh serta biaya angkut barang hingga hasil bumi, peternakan dan perkebunan warga.


"Kalau jalannya bagus, Insya Allah perekonomian pasti ikut tumbuh. Apalagi jalan yang berada di pelosok sangat mempengaruhi tingkat kesejahteraan masyarakat, sebab jalan menjadi salah satu faktor biaya angkut tinggi jika jalannya rusak," jelasnya.


Kepala Dinas PUPR Sinjai, H. Haris Achmad, menjelaskan total anggaran yang digelontorkan untuk peningkatan infrastruktur jalan di tahun kelima pemerintahan Bupati ASA cukup besar. Jumlahnya mencapai Rp82,4 miliar lebih.


"Hingga memasuki tahun kelima, peningkatan atau rehabilitasi jalan tetap di prioritaskan oleh pak Bupati. Total anggarannya Rp80 Miliar untuk pembangunan jalan, sisanya Rp2,4 miliar pemeliharaan jalan," pungkasnya, Selasa (11/1/2023).


Haris menambahkan, anggaran pembangunan infrastruktur jalan tersebut bersumber dari Dana Insentif Daerah (DID) maupun Dana Alokasi Khusus (DAK). Menyentuh sedikitnya 24 ruas jalan yang tersebar di enam kecamatan, seperti kecamatan Sinjai Utara, Sinjai Timur, Sinjai Selatan, Sinjai Borong, Sinjai Tengah, dan Tellulimpoe.


"Insya Allah secepatnya akan dikerjakan, sehingga akses jalan mulus dan beraspal juga cepat dirasakan oleh masyarakat seperti perintah pak Bupati," jelasnya.


Dari data Dinas PUPR Sinjai ruas jalan yang bakal di hotmix: 


DAK Fisik paket 1.

1. Mangopi - Salohe Rp3,3 Miliar

2. Mattiro Deceng - Kolasa Rp4 miliar.

3. Panaikang - Labettang Rp.11,8 miliar.

4. Pasimarannu - Lasiai Rp4,5 Miliar.


Paket 2 DAK Fisik.

1. Bonto - Lappadata Rp2,8 miliar, 

2. Gareccing - Dada Rp8,2 miliar, 

3. Serre - Caboro Rp2,7 miliar, 

4. Topangka - Amessing Rp2,9 miliar.


Paket 3 DAK Fisik.

1. Cedange - Batang Rp9,8 miliar, 

2. Lappae - Massaile Rp7,3 miliar, 

3. Lingkar Banoa Rp8,6 miliar, 

4. Massaile - Lembang Lohe Rp3,7 miliar, 

5. Tombolo - Cedange Rp2,2 miliar.


Sumber anggaran DID paket 1.

1. Batu - Illi Rp630 juta, 

2. Jalan Bawakaraeng Rp387 juta, 

3. Jalan Bhayangkara Rp 473 juta,

4. Jalan Bulu Kunyi Rp694, 

5. Jalan Bulu Lohe Rp591 juta,

6. Jalan Bung Tomo Rp703 juta, 

7. Jalan Lompobattang Rp296 juta, 

8. Jalan Nenas 1 Rp193 juta, 

9. Jalan Nenas 2 Rp112 juta,

10.Jalan Tongke-tongke Rp264 juta.


DID paket 2.

1. Dompili - Kaloling dengan besaran anggaran Rp504 juta (beton).



Bagikan :
RajaBackLink.com