Gandeng Organisasi Profesi Kesehatan, IDI Sinjai Baksos Akbar di Puskesmas Lappae

 


INSTINGJURNALIS.COM Ikatan Dokter Indonesia (IDI) cabang Sinjai mengadakan Bakti Sosial (Baksos) Akbar di Puskesmas Lappae, Desa Saotengngah, Kecamatan Tellulimpoe, Minggu (12/3/2023)


Baksos tersebut berkolaborasi dengan organisasi profesi kesehatan seperti Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Persatuan Perawatan Nasional Indonesia (PPNI) hingga Ikatan Apotek Indonesia (AIA) cabang Sinjai.


Termasuk Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Medik Indonesia (PATELKI), Persatuan Terapis Gigi dan Mulut Indonesia (PTGMI), Persatuan Dokter Umum Indonesia (PDUI) dan Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi) Sinjai.


Ketua Panitia, dr. Andi Noor Fadli, mengatakan baksos Akbar dilaksanakan masih dalam rangka rangka Hari Jadi Sinjai (HJS) ke-459. Tujuannya agar masyarakat di sekitar Tellulimpoe, dapat merasakan berobat ke dokter spesialis, sebab pelayanan spesialis biasanya hanya tersedia di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sinjai.


Baksos Akbar yang dimulai sejak pukul 07:00 Wita, itu menyediakan jenis layanan kesehatan seperti pelayanan dan pemeriksaan kesehatan gratis, pemeriksaan pengobatan spesialis, dokter Gigi, donor darah, serta pemeriksaan laboratorium.


"Selama ini jaraknya jauh untuk mendapatkan pelayanan dokter spesialis dan harus ke RSUD, makanya kami datangkan langsung dokter spesialisnya kesini," pungkasnya.


Ketua IDI Cabang Sinjai, dr. Kahar Anies, mengatakan Baksos Akbar yang melibatkan seluruh organisasi profesi kesehatan di Sinjai merupakan dukungan program pemerintah daerah dimana salah satu pilar program pemerintah adalah meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.


Baksos Akbar juga merupakan program kerja IDI Cabang Sinjai melalui Bidang Pengabdian Profesi dan Tanggap Bencana.


"Kegiatan kita ini sebenarnya dalam rangka HJS tapi tidak mengurangi niat kami untuk mendukung program pemerintah dalam mendekatkan pelayanan ke masyarakat yang belum berkesempatan untuk merasakan pelayanan dokter spesialis," ucapnya dr. Kahar.


Bupati Sinjai, yang diwakili Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Sinjai, dr. Emmy Kartahara Malik, menyampaikan apresiasi terhadap IDI Sinjai yang berkolaborasi dengan organisasi profesi kesehatan yang telah menggagas Baksos Akbar.


Menurutnya, menjaga kesehatan masyarakat merupakan tanggung jawab bersama dengan melakukan budaya kehidupan sehat. Karena dengan masyarakat yang sehat maka akan lebih mudah dalam melakukan aktivitas.


Olehnya itu, ia menyampaikan terima kasih kepada IDI Cabang Sinjai berkolaborasi organisasi profesi kesehatan yang telah siap menjalankan program kemanusiaan di Kabupaten Sinjai.


"Apresiasi dan rasa terima kasih yang tak terhingga, teman-teman IDI dan Organisasi Profesi Kesehatan telah melakukan kegiatan kemanusiaan. Mudah-mudahan terlaksana dengan baik dan senantiasa dapat dirasakan langsung oleh masyarakat," jelasnya.



Baksos Akbar yang mengusung tema "Kolaborasi Profesi Kesehatan untuk Sinjai yang Lebih Baik", disambut positif warga. Terbukti ratusan warga memadati Puskesmas Lappae untuk mendapatkan pelayanan kesehatan gratis.


Turut hadir Camat Tellulimpoe, A. Saoraja Arie Lesmana, para kepala Puskesmas, serta para ketua organisasi profesi kesehatan di kabupaten Sinjai. (*)





BERLANGGANAN ARTIKEL, IKUTI KAMI : [ADS]


Bagikan :