TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Koordinasi Bupati ASA ke Pusat Berbuah Manis, Bantuan Kembali Segera Dirasakan Petani di Sinjai

 


INSTINGJURNALIS.COM Upaya Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) untuk mendatangkan bantuan bagi masyarakat Kabupaten Sinjai, khususnya petani berbuah manis. Bantuan segera dikucurkan, jumlahnya mencapai Rp2,7 miliar lebih.


Bantuan tersebut berasal dari Pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pertanian berupa sarana dan prasarana pertanian untuk tahun anggaran 2023.


Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Sinjai, Kamaruddin, mengutarakan Bupati ASA memang intens melakukan kunjungan ke berbagai Kementerian dan Lembaga sejak memimpin Sinjai. 


"Alhamdulillah berkat komunikasi atau lobi yang dilakukan Pak Bupati sehingga bantuan ini bisa kita peroleh, kami mengusulkan dan alhamdulillah disetujui oleh Pemerintah Pusat," ungkapnya, Sabtu (11/3/2023)


Bantuan senilai Rp2,7 miliar itu bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Terdiri dari, 1 unit UPH Hortikultura senilai Rp130 juta, 2 unit RMU mesin senilai Rp700 juta, dan 2 unit bangunan RMU senilai Rp400 juta.


Selain itu, 6 unit mesin perontok padi senilai Rp150 juta, 2 unit mesin pemipil jagung senilai Rp50 juta, 48 unit Cultivator senilai 960 juta, dan 26 unit pompa air senilai Rp390 juta.


Sementara itu, Bupati ASA mengatakan bantuan tahun ini  berupa sarana dan prasarana pertanian untuk digunakan saat pra dan pasca panen dengan nilai Rp2,7 miliar dari Kementerian Pertanian. 


Menurutnya, pembangunan di sektor pertanian dengan potensi yang dimiliki Kabupaten Sinjai dinilai sangat penting guna memenuhi kebutuhan pangan di daerah dan untuk lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya petani.



"Usaha yang kita lakukan di pusat membuahkan hasil, bantuan demi bantuan masuk ke daerah kita karena komunikasi yang kita lakukan di pusat terutama di Kementerian dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) ," pungkasnya.



BERLANGGANAN ARTIKEL, IKUTI KAMI : [ADS]


Komentar0

Type above and press Enter to search.