TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Gelari Pelangi TP PKK Sinjai Dinilai Tim Provinsi

 


INSTINGJURNALIS.COM   Tim Penggerak PKK Provinsi Sulsel, mengunjungi Kabupaten Sinjai, dalam rangka melakukan penilaian lomba program Gelari Pelangi (Gerakan Keluarga Indonesia dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Pengelolaan Ekonomi).


Rombongan dipimpin langsung oleh Ketua Pokja II TP. PKK Sulsel drg. Sukreni Abdullah dan disambut oleh Ketua TP. PKK Sinjai, Andi Nurhilda Daramata Seto bersama pengurus lainnya di rumah jabatan Bupati Sinjai, Rabu (10/5/2023)


"Jadi Gelari Pelangi ini merupakan program unggulan dari Pokja II PKK Pusat yang diharapkan bisa diaplikasikan juga hingga di tingkat Kabupaten/kota. Olehnya itu kami ingin melihat program ini di Sinjai sekaligus melakukan penilaian sebab program ini akan dilombakan hingga di tingkat nasional," jelas Ketua Pokja II TP. PKK Sulsel drg Sukreni.


Dikatakan, program kerja Gelari Pelangi meliputi gerakan gemar membaca, peningkatan kualitas pendidikan dan ketrampilan keluarga, penguatan ekonomi keluarga melalui pemanfaatan potensi sumber daya yang dimiliki. Serta pengembangan usaha peningkatan keluarga UP2K-PKK dan pembentukan atau pengembangan koperasi PKK.


Menurut Sukreni, lomba ini hanya diikuti oleh 4 Kabupaten gang ada di Sulsel dan telah dinyatakan lolos nominasin untuk diikutkan dalam tingkat Provinsi Sulsel. 


Selain Kabupaen Sinjai, program Gelari Pelangi ini diikuti oleh TP. PKK Kabupaten Takalar, Kepulauan Selayar dan Kabupaten Pangkep. 


"Kami sangat mengapresiasi keaktifan dari TP. PKK Sinjai karena tidak semua Kabupaten/kota mengirimkan laporan program ini. Mudah-mudahan apa yang dilaksanakan oleh TP. PKK Sinjai ini bisa mewakili sulsel di Tingkat Nasional," ucapnya. 


Beberapa lokus yang menjadi objek penilaian seperti hasil pembinaan UP2K dan Koperasi di Kantor PKK Sinjai, Rumah Dilan (Pendidikan dan Keterampilan) dan Rumah Baca Batu Tellue di kelurahan Lamatti Rilau Kecamatan Sinjai Utara. 


Sementara itu Wakil Ketua II TP. PKK Hasmah T menyampaikan bahwa program unggulan yang ada di Kabupaten Sinjai yaitu Rumah Dilan dan Rumah Baca. 


Kedua kegiatan ini diharapkan bisa menjadi yang terbaik dan piloct project di Sulsel dalam program Gelari Pelangi yang nantinya bisa mewakili Sulsel dalam lomba Gelari Pelangi Tingkat Nasional. 


"Jadi latar belakang adanya program Gelari Pelangi ini karena adanya Covid-19, dimana ekonomi dan pendidikan merosot sehingga dengan adanya program baru ini kita bisa bangkit kembali dengan melaksanakan program-program yang ada di Gelari Pelangi," tambahnya. (And)



BERLANGGANAN ARTIKEL, IKUTI KAMI : [ADS]


Komentar0

Type above and press Enter to search.