TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Gerakan Kompos Serentak Juga Digelar di Sinjai

 


INSTINGJURNALIS.COM   -   Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Sinjai turut ikut dalam kampanye gerakan "Compost Day", Sabtu (10/6/2023) 


Gerakan ini serentak dilakukan di 38 Provinsi dan 518 Kabupaten/kota di seluruh Indonesia, tak terkecuali DLHK Sinjai. 


Kampanye ini dihadiri oleh Kadis LHK Sinjai, H. Sofwan Sabirin beserta jajarannya serta melibatkan ibu-ibu dari Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK), Dharma Wanita Persatuan (DWP), dan penggiat lingkungan dan sampah. 


Kegiatan kampanye berlangsung secara virtual melalui Zoom, di halaman kantor Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Sinjai, Jalan Persatuan Raya kecamatan Sinjai Utara. Dalam gerakan tersebut dijelaskan prosesi pengomposan sampah organik menjadi pupuk kompos.


Aksi ini merupakan solusi yang ditawarkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (LKHK) melalui direktorat jenderal pengelolaan Sampah, limbah dan Bahan Beracun Berbahaya (Ditjen PSLB3) untuk mengatasi persoalan pengelolaan sisa makanan yang selama ini memiliki dampak buruk bagi lingkungan dan perubahan iklim yang banyak terjadi di Indonesia. 


Sofwan berharap melalui kampanye ini  jumlah sampah organik dapat diminimalisir sebab dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan pupuk kompos untuk meningkatkan kesuburan tanah.


"Tentunya dengan adanya kegiatan ini kami berharap ibu-ibu yang hadir dapat melakukan kegiatan kompos, khususnya di skala kecil rumah tangga dengan harapan bisa mengurangi sampah organik sehingga dapat bermanfaat untuk pupuk organik," harapnya




BERLANGGANAN ARTIKEL, IKUTI KAMI : [ADS]


Komentar0