TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Danny Pomanto harapkan Maccini Sombala masuk Lomba Keluahan Tingkat Nasional

 


INSTINGJURNALIS.COM   -  MAKASSAR, Kelurahan Maccini Sombala diharapkan masuk dalam tiga besar perwakilan Sulsel dalam kompetisi prestasi kelurahan tingkat nasional, kata Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto.


Maccini Sombala saat ini berada di Regional III Wilayah Kalimantan-Sulawesi, di mana dia dinilai bersama dengan lima kelurahan lainnya yang mewakili masing-masing provinsi.


Lima kelurahan sedang menjalani verifikasi lapangan. Tiga dari mereka akan dipilih untuk presentasi langsung di Jakarta.


Pemerintah hanya menyediakan fasilitas dan pembinaan, tetapi longwis mendorong partisipasi aktif masyarakat dan berbagai program di lorong-lorong dengan sebagian besar partisipasi warga.


Ini adalah hal yang membantu Kelurahan Maccini Sombala. Selain itu, tahun sebelumnya terdapat 1.096 Lorong Wisata, tetapi tahun ini terjadi peningkatan sebanyak 992, sehingga total 2.088 Lorong Wisata tersebar di 15 kecamatan di Kota Makassar hingga pertengahan tahun ini.


“Lorong Wisata menekankan peningkatan aktivitas dan pemberdayaan warga di lorong. Oleh karena itu kita di Maccini Sombala sudah siap. Kami yakin Makassar mewakili Sulsel ke tingkat nasional dan menjadi yang terbaik,” kata Danny Pomanto di sela-sela menyambut kunjungan Tim Verifikasi Lapangan Tingkat Nasional dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Baruga Kelurahan Maccini Sombala, Jumat, (21/07/2023).


Juga perihal fasilitas tingkat kelurahan di sana terbilang lengkap, seperti adanya perpustakaan amaliah, shelter warga, konsultasi, pendampingan, mediasi, bantuan hukum, rumah aman, puspaga, sekretariat PKK, Posyandu, dan sebagainya.


Makanya dirinya tak ragu, kelurahan terbaik se-Sulsel itu mencapai posisi tiga besar


Sementara itu, Tri Rustiana Harahap, yang merupakan anggota tim penilai dari Ditjen Bina Pemdes Kemendagri, menyatakan bahwa verifikasi lapangan dilakukan untuk memastikan bahwa data sesuai pada waktu penilaian administrasi.


Pemerintahan, kewilayahan, dan kemasyarakatan, bersama dengan inovasi, adalah beberapa bidang yang dievaluasi.


Sebelumnya, Maccini Sombala dinobatkan sebagai Kelurahan terbaik di tingkat Provinsi dari 153 Kelurahan di Sulsel. Itu juga dinobatkan sebagai lima Kelurahan terbaik di tingkat nasional dari 2.438 Kelurahan di Regional III Kalimantan-Sulawesi.




IKUTI INSTING JURNALIS DI THREADS





Komentar0

Type above and press Enter to search.