TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Jika anda Penderita Asam Urat, sebaiknya Hindari Makanan ini

 


INSTINGJURNALIS.COM   -   Asam urat adalah zat sisa yang terbentuk ketika tubuh memecah purin. Purin adalah senyawa kimia yang ditemukan dalam banyak makanan, termasuk daging, ikan, dan makanan laut. Asam urat yang berlebih dalam tubuh dapat membentuk kristal di persendian, yang menyebabkan rasa sakit, bengkak, dan kemerahan.


Asam urat juga dapat terbentuk ketika tubuh tidak dapat membuang purin dengan cepat. Hal ini dapat terjadi karena faktor genetik, obat-obatan tertentu, atau kondisi medis tertentu, seperti penyakit ginjal.


Kadar asam urat normal dalam darah adalah 3.4-7.0 mg/dL. Jika kadar asam urat lebih tinggi dari 7.0 mg/dL, maka Anda dapat dikatakan mengalami hiperurisemia, yang merupakan kondisi yang meningkatkan risiko terjadinya serangan asam urat.


Serangan asam urat biasanya terjadi secara tiba-tiba dan menyerang satu atau lebih sendi. Gejalanya meliputi rasa sakit yang tajam, bengkak, kemerahan, dan rasa panas di persendian. Serangan asam urat biasanya berlangsung selama beberapa hari hingga seminggu.


Asam urat adalah zat yang terbentuk ketika tubuh memecah makanan yang mengandung purin. Purin adalah senyawa alami yang ditemukan dalam banyak makanan, termasuk daging, ikan, dan makanan laut. Asam urat yang berlebih dalam tubuh dapat membentuk kristal di persendian, yang menyebabkan rasa sakit, bengkak, dan kemerahan.


Berikut adalah beberapa makanan yang dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh:


  1. Daging merah, seperti daging sapi, kambing, dan babi
  2. Jeroan, seperti hati, ginjal, dan limpa
  3. Ikan berlemak, seperti ikan salmon, tuna, dan sarden
  4. Makanan laut, seperti kerang, udang, dan lobster
  5. Minuman beralkohol, seperti bir, anggur, dan minuman keras
  6. Minuman manis, seperti soda, jus buah, dan minuman olahraga
  7. Buah-buahan tertentu, seperti anggur, jeruk, dan nanas
  8. Sayuran tertentu, seperti bayam, asparagus, dan kacang polong

 

Jika Anda memiliki kadar asam urat yang tinggi, penting untuk menghindari makanan-makanan ini. Anda juga perlu membatasi asupan makanan yang mengandung lemak jenuh dan kolesterol. Makanan-makanan ini dapat meningkatkan produksi asam urat dalam tubuh.


Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga kadar asam urat tetap rendah:


  • Konsumsi banyak air putih. Air putih dapat membantu tubuh mengeluarkan asam urat.
  • Makan makanan yang rendah purin.
  • Batasi asupan makanan yang mengandung lemak jenuh dan kolesterol.
  • Hindari minuman beralkohol.
  • Jaga berat badan ideal.
  • Olahraga secara rutin.

Jika Anda memiliki kadar asam urat yang tinggi, penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.




IKUTI INSTING JURNALIS DI THREADS




Komentar0