TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

2024 Kemendikbud ristek Kembali Usul Formasi PPPK Guru

 

Ilustrasi (google)

INSTINGJURNALIS.COM  [ADS]  -  Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengajukan formasi PPPK 2024 untuk guru dan tenaga kependidikan (tendik). 


Direktur Jenderal Guru Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbudristek Nunuk Suryani menyampaikan kabar gembira itu saat rapat koordinasi perencanaan kebutuhan CPNS 2024 dan PPPK pada 6 November 2023.


Honorer tendik menyambut gembira kabar tersebut. Mereka bertahun-tahun hanya bisa gigit jari karena formasi PPPK 2021/2022 khusus untuk guru.


"Ini kabar yang sangat menggembirakan, karena Kemendikbudristek akhirnya mau mengajukan formasi untuk tendik," kata Dewan Pembina Forum Honorer Nonkategori Dua Indonesia (FHNK2I) Raden Sutopo Yuwono kepada JPNN.com, Kamis (9/11).


Dia berharap persyaratan untuk tendik lebih dimudahkan. Salah satunya syarat ijazah lebih dilonggarkan. Sebab, banyak yang hanya lulusan SMA sederajat, bahkan SMP dan SD.


"Mudah-mudahan ada kebijakan khusus untuk honorer tendik yang berijazah SMA ke bawah, ya," kata Raden Sutopo Yuwono.


Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda mengungkapkan Kemendikbudristek harus memprioritaskan guru honorer dan tendik dalam seleksi PPPK 2024.


Menurut dia, untuk honorer tendik lulusan SMA, maka Kemendikbudristek, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi (KemenPAN-RB) harus menyiapkan afirmasi berupa rekognisi untuk masa pengabdiannya.


“Masa pengabdian honorer tendik ini harus direkognisi. Jadi, aturannya jangan dibuat kaku," kata politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu.


Dia meminta Kemendikbudristek konsisten mengutamakan guru honorer dan tendik dalam pengangkatan PPPK 2024. Untuk honorer tendik yang pendidikannya SMP dan SD, lanjut Huda, harus ada percepatan untuk penyetaraan pendidikan. 



BACA BERITA LAINNYA DISINI 

SIMAK BERITA & ARTIKEL LAINNYA DI GOOGLE NEWS   

ATAU BERLANGGANAN DI TELEGRAM

Komentar0