TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Harga Kebutuhan Pokok di Sinjai Merangkak Naik

 


INSTINGJURNALIS.COM  [ADS]  -  Sejumlah komoditi di Pasar Sentral Sinjai mengalami kenaikan harga. Salah satu yang paling signifikan adalah komoditi Cabai rawit dan keriting harganya tembus diangka Rp65 ribu per kilogram (Kg).


Pedagang pasar sentral Sinjai, Nurfadli Abdul Rasyid mengaku kenaikan harga komoditi cabai rawit dan keriting telah berlangsung lama. Puncaknya terjadi di bulan November 2023.


Jika sebelumnya cabai rawit hanya dijual dengan harga Rp40-45 ribu per Kg, kini dibanderol dengan harga Rp65 ribu. Sedang cabai keriting dari harga Rp40 ribu naik menjadi Rp60 ribu per Kg.


"Sudah lama naiknya tapi untuk puncaknya di satu Minggu ini menjadi Rp65 ribu per Kg. Sama dengan cabai keriting naik Rp20 ribu per Kg," ungkapnya saat ditemui, Rabu (8/11).


Nurfadli mengungkapkan, penyebab merangkaknya harga Cabai saat ini karena pasokan yang berkurang dari petani akibat kemarau panjang atau fenomena El Nino.


"Pasokan yang memang berkurang karena dimana-mana Kemarau panjang yang menyebabkan tanaman cabai kering," pungkasnya.


Selain komoditi cabai, Nurfadli juga membeberkan kenaikan harga pada komoditi daun bawang dari harga Rp15 ribu naik menjadi Rp20 ribu per Kg.


Senada diungkapkan Rosina pedagang lainnya di pasar sentral Sinjai. Dia mengungkapkan kenaikan harga cabai telah berlangsung selama satu bulan terakhir.


Hal itu disebabkan karena pasokan yang berkurang sementara kebutuhan masyarakat akan cabai untuk kebutuhan dapur terus meningkat.


Faktor lainnya adalah pasokan cabai yang diambil petani dari Kabupaten Bone dan Kabupaten Jeneponto. Untuk cabai lokal, kata dia saat ini sudah berkurang, bahkan nyaris tidak ada lagi.


"Sebulan lebih, harga cabai berangsur naik dan hampir tiap pekan naik harganya karena pasokan yang memang berkurang karena Kemarau," katanya.


Tak hanya cabai rawit dan keriting, cabai besar ikut merangkak naik dari harga Rp30 ribu menjadi Rp45 ribu per kg. Begitupun dengan harga sayur mayur yang naik. Sebagai contoh untuk labu Siam yang biasanya dijual Rp10 ribu/3 buah, kini di banderol dengan harga Rp5 ribu per buah.


"Mudah-mudahan ada perhatian dari pemerintah bagaimana menekan harga cabai dan komidi lainnya yang terus naik," harapnya.


Sementara untuk harga komoditi lainnya masih normal seperti bawang merah Rp25 ribu per Kg, Bawang Putih Rp40 ribu per Kg, Tomat Rp8 ribu per Kg, kentang Rp25 ribu per Kg, serta wortel Rp10 ribu per Kg. 



BACA BERITA LAINNYA DISINI 

SIMAK BERITA & ARTIKEL LAINNYA DI GOOGLE NEWS   

ATAU BERLANGGANAN DI TELEGRAM

Komentar0