TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Kadisparbud Sinjai: Pesta Adat Mappogau Sihanua Digelar Pekan Ini

 


INSTINGJURNALIS.COM  [ADS]   Masyarakat adat Karampuang di Desa Tompobulu, Kecamatan Bulupoddo, Kabupaten Sinjai, bakal mengadakan pesta adat yang disebut 'Mappogau Sihanua' pekan ini.


Rencananya, pesta ada ini digelar pada Kamis, 9 November 2023 mendatang, dan bakal dihadiri Penjabat (Pj) Bupati Sinjai, T.R Fahsul Falah.


"Insya Allah hari kami ini even Pesta Adat Mappogau Sihanua dilaksanakan oleh masyarakat yang didukung penuh pemerintah daerah," ungkap Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Sinjai, Tamzil Binawan, Selasa (7/11).


Menurut Tamzil, pesta adat tersebut merupakan ritual adat yang dijaga oleh masyarakat setempat, bahkan telah menjadi kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun sebagai ungkapan rasa syukur atas panen masyarakat. 


Tak hanya masyarakat setempat atau masyarakat adat, namun juga warga Karampuang yang berada diluar daerah pulang kampung dan ikut memeriahkan pesta adat tersebut.


"Ini salah satu kegiatan pelestarian budaya. Kami mensupport penuh sehingga menjadi even yang mengangkat nilai-nilai budaya di Kabupaten Sinjai," jelasnya.


Mantan Kadis Kominfo dan Persandian Sinjai, ini berharap pesta adat Mappogau Sihanua yang digelar masyarakat adat Karampuang dapat lebih dikenal, dan mampu mendongkrak kunjungan wisatawan, bahkan menjadi ikon Kabupaten Sinjai.


"Semoga bisa lebih mengenal pesta adat Mappogau Sihanua, dan menjadi ikon bukan hanya di Sinjai, tapi juga di tingkat regional hingga Nasional," harapnya. (*)




BACA BERITA LAINNYA DISINI 

SIMAK BERITA & ARTIKEL LAINNYA DI GOOGLE NEWS   

ATAU BERLANGGANAN DI TELEGRAM

Komentar0