TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Kopi Saring Khas Warkop Carita Sinjai: Tradisi Wajib Mencicipi Kopi saat Berkunjung ke Sinjai

 


INSTINGJURNALIS.COM  [ADS]     -  Kopi Saring Khas Warkop Carita Sinjai adalah minuman kopi yang berasal dari Sinjai, Sulawesi Selatan. Kopi ini terkenal karena racikannya yang menggabungkan kopi dan susu dalam perbandingan 3 banding 1. Saat berkunjung ke Sinjai, Sulawesi Selatan, mencicipi kopi ini merupakan bagian dari tradisi yang wajib dilakukan.


Cita rasa Kopi Saring Khas Warkop Carita Sinjai tidak kalah menariknya dengan Warung Kopi Saring di Pontianak, Aceh. Meskipun harganya terjangkau dan porsinya kecil, kopi ini mampu bersaing dalam hal cita rasa dan karakteristiknya.


Aromanya sudah tercium sedari proses penyaringan biji kopi dengan air panas menggunakan saringan kain. Cita rasanya unik, mirip dengan kopi susu namun dengan rasa kopi yang lebih kuat.


Untuk membuat Kopi Saring Khas Warkop Carita Sinjai, biasanya digunakan biji kopi Robusta agar karakter kopi dalam minuman ini lebih kuat. Namun, juga bisa menggunakan biji Arabika atau campuran kopi, karena kunci dari rasa Kopi Saring Khas Warkop Carita Sinjai adalah takaran dan cara pengolahannya.


Kopi Saring Khas Warkop Carita Sinjai terdiri dari kopi hitam dan kopi susu, dengan komposisi kopi, susu kental manis, dan air. Alat yang dibutuhkan untuk membuatnya adalah saringan kain, dua cangkir, dan sendok.


Langkah pertama adalah memasukkan bubuk kopi hitam ke dalam saringan kain, lalu menyaringnya dengan air mendidih beberapa kali. Kemudian, tuangkan kopi ke dalam cangkir dengan jarak agak jauh secara bergiliran, seakan-akan sedang membuat teh tarik.


Kamu bisa menemukan Kopi Saring Khas Warkop Carita Sinjai di Jalan Andi Mandasini Nomor 15, Sinjai, Sulawesi Selatan.



BACA BERITA LAINNYA DISINI 

SIMAK BERITA & ARTIKEL LAINNYA DI GOOGLE NEWS   

ATAU BERLANGGANAN DI TELEGRAM

Komentar0

Type above and press Enter to search.