7 Tokoh Muda Ini Dinilai Layak Jadi Kandidat Menteri Jokowi-Ma'ruf, Salah Satunya AHY

6/30/2019 | 15:23 WIB

Bagikan:
7 Tokoh Muda Ini Dinilai Layak Jadi Kandidat Menteri Jokowi-Ma'ruf, Salah Satunya AHY
Agus Harimurti Yudhoyono. Ist

INSTINGJURNALIS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menetapkan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden terpilih hari ini, Minggu (30/6/2019).

Penetapan akan dilakukan melalui rapat pleno terbuka di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta. Penetapan tersebut Pasca-Putusan Mahkamah Konstitusi terkait sengketa Hasil Pilpres 2019.

Pasca hal itu, mulai muncul nama beberapa tokoh muda sebagai kandidat menteri yang dinilai layak menduduki jabatan menteri di era pemerintahan Jokowi - Kiai Ma’ruf Amin lima tahun mendatang.

Berikut ini beberapa nama tokoh muda yang beredar di media massa maupun media sosial sebagai kandidat menteri, sebagaimna dilansir JPNN. Di antaranya adalah:

1. Adian Napitupulu

Aktivis 1998 ini dinilai layak menduduki jabatan menteri di era pemerintahan Jokowi - Kiai Ma’ruf Amin.

Pengamat politik Najib Husein mengatakan para aktivis 98 memang banyak yang mumpuni baik dari pengalaman, bidang keilmuan maupun komitmen membawa bangsa ke arah yang lebih baik.

"Saya pikir sosok yang sangat pantas itu adalah sosok muda, enerjik dan konsisten. Jika nama Adian Napitupulu yang memang tersanter di sebut-sebut para aktivis saat ini, saya kira sudah sangat layak," ujar Najib, Sabtu (29/6).

[CUT]

2. Erick Thohir

Ketua TKN Jokowi - Ma’ruf Amin juga disebut-sebut layak diangkat sebagai menteri. Pengusaha muda ini juga dinilai mumpuni terutama di bidang bisnis.

Anggota Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi - Amin, Hendrawan Supratikno membenarkan kubunya mulai mencari calon menteri.

Menurut Hendrawan, Jokowi mencari pembantu yang berani, tegas, jujur dan kompeten. “Dan yang penting, tidak lagi membuat dikotomi antara profesional dan politisi,” ujar Hendrawan.

3. Mervin Sadipun Komber

Ketua Badan Kehormatan DPD RI ini juga disebut-sebut sebagai kandidat menteri. Mervin yang mewakili Provinsi Papua Barat selama dua periode ini dinilai layak menjadi menteri di era Jokowi - Kiai Ma’ruf Amin untuk lima tahun mendatang.

Ketua Relawan Indonesia (RELIJI) di Papua, Raff Martin mengusulkan nama Mervin dari tiga nama calon menteri sebagai representasi Orang Asli Papua.

Raff Martin menilai Putra Papua kelahiran 1980 ini layak menduduki posisi jabatan menteri karena Mervin aktif mendorong pemerintah membangun tanah Papua. Raff menambahkan Mervin merupakan Alumnus dari Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura, Papua.

[CUT]

4. Angela Tanoesoedibjo

Putri sulung Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo ini juga diusung Partai Perindo menjadi calon menteri Jokowi. Sekjen Partai Perindo Ahmad Rofiq, mengatakan pihaknya mengusulkan Angela karena sesuai dengan kriteria Jokowi yang mencari menteri dari kalangan anak muda dan pintar.

"Dari apa yang disampaikan Pak Jokowi, Perindo juga menyiapkan diri kalau diminta mengusulkan calon figurnya, yaitu Angela Herliani Tanoesoedibjo," kata Ahmad Rofiq.

5. Bahlil Lahadalia

Ketua Umum Hipmi ini mendapat sinyal dari Jokowi sebagai salah satu tokoh muda yang cocok menjadi menteri kabinet kerja. Menurut Presiden Jokowi, sosok Bahlil Lahadalia adalah pemuda yang cerdas.

"Adinda Bahlil ini kelihatannya cocok jadi menteri. Saya lihat dari samping, dari bawah ke atas, cocok ini kelihatannya. Pintar membawa suasana dan juga ya sangat cerdas,” ujar Jokowi.

[CUT]

6. Agus Harimurti Yudhoyono

Nama Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat ini juga disebut-sebut pantas masuk dalam kabinet kerja Jokowi-Ma'ruf Amin. Hal ini lantaran AHY beberapa kali bertemu Jokowi.

Jokowi membuka peluang bagi anak muda berprestasi masuk dalam kabinetnya, termasuk AHY.

“Yang muda-muda, ini juga akan kita berikan ruang di kementerian. Nanti lihatlah yang muda-muda," ujar Jokowi beberapa waktu lalu.

Saat ditanya apakah nama AHY termasuk? Jokowi menjawab, ”Kenapa tidak?.”

7. Grace Natalia

Ketum PSI ini juga mendapat penilaian bahwa dirinya pantas menjadi calon menteri Jokowi. Grace dianggap sebagai sosok yang berprestasi.

Editor : Satria
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI