TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Bahas Rencana Pembangunan Jembatan, Bupati Sinjai Bareng Bupati Bone Temui Wagub

Bahas Rencana Pembangunan Jembatan, Bupati Sinjai Bareng Bupati Bone Temui Wagub

INSTINGJURNALIS.com - Akses warga di dua kabupaten di Sulawesi Selatan (Sulsel) yakni, Kabupaten Sinjai dan Bone nampaknya akan semakin terbuka.

Pasalnya, rencana pembangunan jembatan permanen yang menghubungkan dua Kabupaten itu, tepatnya Kecamatan Bulupoddo Kabupaten Sinjai dan Kecamatan Bontocani Kabupaten Bone kini jadi pembahasan antara Pemkab Sinjai, Bone dan Pemprov Sulsel.

Hal itu terungkap pada pertemuan Bupati Sinjai, Andi Seto Gahista Asapa bersama Bupati Bone Andi Fahsar Mahdin Padjalangi dengan Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.

Pertemuan meraka berlangsung di Jakarta, usai menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakor) Tim Penanggulangan Inflasi Daerah (TPID), Kamis (25/7/2019) kemarin.

Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa usai pertemuan tersebut menyampaikan terima kasih kepada Wagub Sulsel (Andi Sudirman) atas respon cepat untuk menindaklanjuti permintaan Pemkab Sinjai dan Bone.

Apalagi jembatan permanen yang akan dibangun untuk menghubungkan dua Kabupaten tersebut kini akses jalannya sudah ada.

"Apabila jembatan permanen tersebut dibangun bisa membuka akses baru dari Sinjai ke Bone, begitupun sebaliknya, bahkan orang Sinjai yang akan menuju Makassar bisa lebih cepat aksesnya, khususnya masyarakat Bulupoddo, karena ini langsung tembus ke Camba melalui jalur Bontocani," beber Andi Seto.

Diketahui bahwa TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-105, melalui Kodim 1424 Sinjai, sementara ini membuka akses jalan, dan membangun jembatan gantung bersama Tim Vertical Rescue Indonesia (VRI) di Tompobulu Kecamatan Bulupoddo Kabupaten Sinjai yang akan menghubungkan Kecamatan Bontocani Kabupaten Bone.

Untuk itu Andi Seto juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Dandim 1424 Sinjai melalui gerakan TMMD Ke-105 yang telah membuka akses jalan tersebut yang sementara ini membangun jembatan gantung bersama Tim VRI.

Senada dengan Bupati Sinjai, Bupati Bone Andi Fahsar Mahdin Padjalangi memberikan respon positif atas langkah Pemerintah Kabupaten Sinjai bersama Kodim 1424 Sinjai yang telah membuka akses jalan dan membangun jembatan yang menghubungkan Sinjai dengan Bone yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Bulupoddo dengan Kecamatan Bontocani.

"Syukur Alhamdulillah saya sudah sampaikan ke Pak Wagub, karena ini dikerjakan memang oleh Propinsi, karena ini berada pada dua wilayah, yakni wilayah Bone dan Sinjai. Tidak akan mungkin Bone Kerjakan sebelahnya dan Sinjai kerjakan sebelahnya, kecuali ada komitmen kebersamaan, dan akhirnya solusinya memang harus di Propinsi, dan Alhamdulillah saya bersama Bupati Sinjai sudah sampaikan ke Pak Wagub," ujarnya.

Fahsar mengaku akan menindaklanjuti hal itu. Apalagi kata dia, hal tersebut pernah dialami Kabupaten Bone dengan Kabupaten Barru.

"Karena ada perbatasan kami di Kecamatan Tellu Limpoe itu berbatasan dengan Kecamatan di Barru, dan jembatannya juga begitu, dua sisi yang menghubungkan Barru dan Bone, kalau ini terbuka, memudahkan orang Sinjai menuju ke Makassar,  lebih mudah dan cepat", Kata Fahsar. (*)

Editor : Ardy

Type above and press Enter to search.