TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Jelang Pergantian Tahun, Tolitoli Sulteng Diguncang Gempa

Jelang Pergantian Tahun, Tolitoli Sulteng Diguncang Gempa


INSTINGJURNALIS.com - Jelang pergantian Tahun 2020, Gempa bumi kembali mengguncang Sulawesi. Kali ini, gempa berkekuatan 5,1 magnitudo mengguncang Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah (Sulteng) pada Selasa (31/12).

Dilaporkan, Gempa tersebut terjadi sekitar pukul 13.18 Wita. Getaran gempa terasa skala III MMI di Parigi Moutong dan cukup kuat hingga skala IV MMI di Toli-Toli dan Buol.

Hasil analisis BMKG, lokasi episenter gempa terletak pada titik koordinat 1,07 lintang utara (LU) dan 120,94 bujur timur (BT). Pusat gempa berada di darat 29 kilometer (Km) Timur Laut Toli-Toli pada kedalaman 10 Km.

Goncangan gempa tersebut dirasakan oleh warga setempat. Akibatnya, warga Tolitoli pun langsung berhamburan ke luar rumah untuk menyelamatkan diri agar tak tertimbun runtuhan akibat gempa bumi.

“Gempa Mag:5.1, 31-Des-19 12:18:27 WIB, Lok:1.07 LU, 120.94 BT (Pusat gempa berada di darat 29 km timurlaut Toli-Toli), Kedlmn:10 Km Dirasakan (MMI) III Parigi Moutong, IV Toli -Toli, IV Buol,” tulis @infoBMKG, akun Twitter resmi BMKG, Selasa (31/12/2019).

Kapusdatinkom BNPB Agus Wibowo mengatakan, gempa yang terjadi tak berpotensi tsunami.

Hasil pengecekan Pusdalops BNPB ke BPBD Kabupaten Toli-Toli, gempa dirasakan lemah selama 1-2 detik di Toli-Toli, tidak di rasakan di Buol dan belum ada laporan kerusakan yang terjadi.

“Warga kami harap tenang dan tidak terpancing berita hoaks. Selalu ikuti informasi dari BMKG, BPBD dan BNPB,” ujarnya dikutip iNews.id.

Editor : Satria

Type above and press Enter to search.