Makar, Polri Turun Tangan Selidiki Video Viral Negara Rakyat Nusantara

1/24/2020 | 11:09 WIB

Bagikan:
Makar, Polri Turun Tangan Selidiki Video Viral Negara Rakyat Nusantara
Ilustrasi Polri

INSTINGJURNALIS.com - Sebuah video pernyataan sikap Negara Rakyat Nusantara yang diunggah di akun YouTube tahun 2015 itu kembali ramai dan viral di media sosial.

Dalam video itu terlihat dua orang laki-laki sedang duduk di meja dengan latar belakang bendera berwarna merah, putih, hitam dan bergambar bintang di pojok kiri atasnya.

Seorang pria berbaju hijau menyampaikan pernyataan sikap bahwa Negara Rakyat Nusantara adalah negara yang sedang diperjuangkan dan mewakili rakyat-rakyat Bangsa Nusantara yang sebelumnya sudah ada, sebelum Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Menurutnya, kondisi NKRI saat ini sedang mengalami kebuntuan dan kritis dengan sistem negara yang sudah busuk. Sejak 70 tahun merdeka, NKRI, katanya, tidak berhasil menegakkan kemanusiaan, persatuan, keadilan di tengah masyarakat. Selain itu juga gagal memberi kesejahteraan dan keamanan bagi bangsa.

“Kondisi yang membusuk ini lah yang kita nyatakan harus merelakan membubarkan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ucapnya.

Mereka mendeklarasikan 10 sikap Negara Rakyat Nusantara sebagai resolusi bangsa-bangsa Nusantara dan Papua.

Menanggapi video ini, Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri Brigjen Ferdi Sambo mengatakan, Negara Rakyat Nusantara muncul sejak 2015 dan dipimpin oleh YS. Polisi bergerak untuk melakukan penyelidikan.

“Kami akan tindak lanjuti, ini bagian dari upaya makar. Mereka tidak mengakui NKRI, mereka tidak mengakui kedaulatan bangsa Indonesia. Intinya kami akan lakukan penegakkan hukum, karena ini memecah belah bangsa, kami akan represif,” kata Ferdi kepada, Kamis (23/1/2020) dilaporkan NTMCPOLRI. (**)

Editor : Satria
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI