TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Besok, Asteroid 2002 PZ39 Dekati Bumi

Asteroid
Photo: Pixabay

INSTINGJURNALIS.com  - Sebuah asteroidraksasa 2002 PZ39, yang bisa menghancurkan planet dengan cepat, akan mendekati dan melintasi Bumi pada Sabtu (15/2/2020). Akankah menabrak bumi?

NASA memberi nama asteroid besar ini 2002 PZ39. Asteroid ini melaju dengan kecepatan 34.000 mph dan ketika melintas jarak terdekatnya hanya 15 kali jarak bulan. Asteroid ini berdiameter hampir 1 kilometer.

"Asteroid ini tidak mengancam bumi atau berbahaya," ujar Direktur Pusat Studi Ojek Dekat Bumi NASA Paul Chodas, seperti dilansir dari Boston Herald, Jumat (14/2/2020).

"Kami telah mengamati asteroid ini selama bertahun-tahun dan tahu orbitnya dengan sangat baik."

Selain Sabtu besok, asteroid ini akan kembali mendekati Bumi pada Selasa pekan depan karena orbitnya bersinggungan dengan orbit Bumi. Pada Selasa jaraknya hanya 251.000 mil dari Bumi.

"Tentu saja ini jadi objek yang perlu kita perhatikan," ungkap ahli astrofisika Jonathan McDowell dari Pusat Astrofisika Harvard-Smithsonian. "Mungkin asteroid itu tidak akan cukup untuk membuat manusia punah, tetapi itu akan membuat dunia yang sangat berbeda."

Melihat ukuran asteroid 2002 PZ39, Johathan MCDowell mengungkapkan, "ini adalah ancaman eksistensial dalam jangka panjang untuk spesies kita."

Paul Chodas mengungkapkan tak ada asteroid yang memiliki kemungkinan menabrak Bumi dalam 100 tahun ke depan.

Sumber : CNBC Indonesia

Type above and press Enter to search.