Pandemi Covid-19, Gerakan Pramuka Tak Boleh Kendur

8/18/2020 | 13:00 WIB

Bagikan:


INSTINGJURNALIS.com - Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Provinsi Sulawesi Selatan menggelar apel besar Peringatan Hari Pramuka ke-59 secara virus atau daring. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh pengurus Kwarcab Pramuka Kabupaten/Kota di Sulsel. Tak terkecuali Pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Sinjai


Apel virtual ini dipimpin langsung oleh Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Sulsel Prof. Nurdin Abdullah di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Selasa (18/8/2020).


Sedang, Pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Sinjai mengikuti 

dari Gedung Media Center Penanganan Covid-19 Sinjai, Jalan Persatuan Raya, Kecamatan Sinjai Utara.


Dalam sambutannya, Nurdin Abdullah mengatakan bahwa tema Hari Pramuka yang diperingati pada 14 Agustus 2020 adalah Peran Gerakan Pramuka Ikut nembantu dalam penanggulangan bencana Covid-19 dan Bela Negara.


Tema tersebut juga menjadi tema utama seluruh aktivitas dan gerakan pramuka pada tahun 2020 ini yang merupakan perwujudan dari semangat para pramuka untuk ikut membantu menanggulangi bencana covid-19 yang sampai saat ini masih menjadi masalah besar bagi bangsa indonesia bahkan di seluruh dunia. 


"Gerakan pramuka telah lahir sejak 59 tahun yang lalu bahkan gerakan kepramukaan di dunia sudah mulai dari 110 tahun yang lalu. Gerakan ini merupakan suatu organisasi pendidikan non formal untuk melengkapi pendidikan formal di lingkungan sekolah dan masyarakat," kata Nurdin yabg membacakan sambutan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Drs. Budi Waseso. 


Sementara itu, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Sinjai yang diwakili Sekretaris Kwarcab Gerakan Pramuka Sinjai, Bulmawati mengatakan bahwa apel gerakan pramuka tahun ini berbeda dibanding tahun sebelumnya karena masih dalam suasana pandemi Covid-19.


"Meski dalam pandemi, Gerakan pramuka tidak boleh kendur dan tetap semangat dalam upaya membina generasi muda serta melakukan inovasi-inovasi baru, " ucapnya. 


Dirinya juga mengungkapkan, pramuka harus selalu peduli terhadap masyaraka sekitar, peduli terhadap kepentingan sesama dan harus saling membantu dalam menyelesaikan masalah bersama. (*)


Editor : Satria



Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI