Tak Lagi Khawatir Saat Hujan, Ratna Warga Sinjai Utara Kini Tempati 'Rumah Baru'

10/12/2020 | 20:30 WIB

Bagikan:
Tak Lagi Khawatir Saat Hujan, Ratna Warga Sinjai Utara Kini Tempati 'Rumah Baru'
Ratna warga Kelurahan Bongki

 

INSTINGJURNALIS.com - Ratna warga Kelurahan Bongki, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan tak lagi khawatir rumahnya bocor saat hujan turun. Apalagi, rasa was-was yang dialaminya itu sudah berlangsung lama. 


Ketenangan yang dirasakan Ratna, setelah dia memiliki "rumah baru" hasil program bedah rumah atau Bantuan program Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Pemerintah.


"Sudah mau roboh ditambah bocor kalau hujan. Tidak bisaki tidur, mau diperbaiki tidak ada uang sama sekali," ucap Ratna dengan nada, Senin (12/10/2020).


Namun berkat program BSPS itu, Ratna merasa senang atas perhatian dan bantuan dari pemerintah yang membantu dalam perbaikan rumahnya.


"Syukur Alhamdulillah dikerja atau di bedah oleh Pemerintah. Terima kasih pak Bupati rumahku sudah layak huni," kata Ratna. 


Senada dengan itu. Syamsuddin, warga lainnya yang keseharianya berjualan es keliling itu menyampaikan rasa syukur dengan program tersebut. 


"Terima kasih pak Bupati sudah memperhatikan kami, memfasilitasi supaya bisa mendapat bantuan ini," ujarnya. 


Diketahui, program Bedah Rumah dari Kementerian PUPR ini  menyentuh 14 Desa dan 4 kelurahan yang ada di Kabupaten Sinjai. 


Totalnya 654 unit rumah melalui tiga jenis program pemerintah yaitu BSPS reguler sebanyak 220 unit, program BSPS strategis sebanyak 300 unit dan program BSPS khusus untuk kawasan kumuh dalam kota sebanyak 134 unit.


Sedang total anggaran yang digunakan untuk program BSPS tahun ini di Kabupaten Sinjai Rp 11, 4 miliar. Jumlah ini terdiri dari program BSPS reguler dari dana APBN sebesar Rp 3,8 miliar, BSPS Strategis juga dari APBN Rp 5,2 milyar serta program BRS yang berasal dari dana alokasi khusus (DAK) senilai Rp 2,3 miliar. 


Program BSPS ini secara simbolis diserahkan Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) di Kelurahan Lappa dan Bongki Kecamatan Sinjai Utara, Senin (12/10/2020).


(Satria)


Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI