Diskominfo Sinjai Gelar Bimtek Keamanan Website

1/29/2021 | 13:36 WIB

Bagikan:

 Diskominfo Sinjai Gelar Bimtek Keamanan Website

INSTINGJURNALIS.com - Pengelola atau admin website Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Pemkab Sinjai mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) keamanaan website yang digelar Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Sinjai, Jumat, (29/1/2021) secara virtual.


Kepala Dinas Kominfo dan Persandian, Irwan Suaib mengatakan, keamanan website adalah sebuah upaya untuk melindungi dan menjaga website dari serangan virus maupun hacker yang terkoneksi melalui sebuah jaringan.


Apalagi saat ini, dengan informasi yang bertebaran di dunia maya, seorang anak setingkat sekolah dasar bisa melakukan serangan pada website atau sistem informasi lainnya yang terhubung ke internet.


"Bimtek ini dilaksanakan tak lain untuk memberikan tambahan pengetahuan kepada para admin pengelola website OPD tentang kemananan informasi," ungkapnya saat membuka bimtek itu.


Dengan begitu, admin OPD diharapkan bisa mengenali manajemen file dan berkas-berkas yang ada pada CMS atau website yang dikelola, bisa melakukan backup dan restore pada website masing-masing.


Irwan menyebut, saat ini Pemkab Sinjai mengelola server web sendiri yang berada di pusat data Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian. Sedikitnya, 67 sub domain yang berada di bawah domain utama sinjaikab.go.id. Itu, sudah termasuk sub domain khusus misalnya untuk aplikasi seperti enikda, e-office dan lain-lain.


"Semua OPD memiliki sub domain dan telah mengelola website dan email sendiri. Rata-rata website OPD menggunakan Content Management System (CMS) berbasis Wordpress," ujarnya.


Sementara itu, Kepala Bidang Aplikasi dan Informatika Diskominfo dan Persandian Sinjai, Muhammad Takdir memaparkan tentang bagaimana mengatasi secara awal jika terjadi serangan berupa hacker pada website.


"Serangan berupa deface (mengganti halaman depan) terhadap website OPD biasanya terjadj pada saat libur akhir pekan," ujarnya.


Sehingga dalam kesempatan itu, dia menggambarkan, bagaimana cara mengatasinya serta langkah-langkah apa saja yang mesti diambil bila terjadi serangan.


Laporan : Satria


Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI