TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Isu Kelangkaan Gas Elpiji, Komisi III DPRD Sinjai Panggil Pangkalan, Agen dan Disperindag

 Isu Kelangkaan Gas Elpiji, Komisi III DPRD Sinjai Panggil Pangkalan, Agen dan Disperindag

INSTINGJURNALIS.com - Isu kelangkaan gas elpiji 3 kilogram mendapat respon dari Komisi III DPRD Sinjai. Melalui rapat dengar pendapat (RDP) Komisi III DPRD memanggil Dinas Perindag dan ESDM Sinjai, Bagian Perekonomian Setdakab, para agen dan sejumlah pangkalan gas elpiji 3 kilogram


Itu dilakukan, dalam rangka membahas isu kelangkaan gas elpiji yang belakangan ini menjadi buah bibir dikalangan masyarakat.


RDP yang berlangsung di ruang Komisi III DPRD Sinjai, Senin (18/01/2021) siang dipimpin Ketua Komisi III H. Akmal dan dihadiri sejumlah anggota Komisi III serta dihadiri Ketua DPRD Sinjai Drs. Lukman H. Arsal.  


"Jadi hari ini kita rapat dengan mengundang instansi terkait serta para agen dan pangkalan gas elpiji untuk mencari solusi dan titik temu atas isu kelangkaan dan kebaikan gas elpiji 3 kg," ujar Ketua Komisi III, H. Akmal.


Setelah mendengarkan masukan dari Anggota DPRD,  instansi terkait, agen dan pangkalan disepakati beberapa solusi untuk mengatasi pesrsoalan tersebut. 


Adapun solusi yang disepakati diantaranya, Disperindag dan Pertamina melalui agen akan melakukan operasi pasar, pangkalan diwajibkan membatasi distribusi ke pengecer atau menyimpan stok minimal 50 persen gas elpiji dari jatah tiap hari untuk melayani konsumen secara langsung.


Selain itu, Disperindag akan menginvetarisir jumlah Pangkalan yang ada dan melakukan pemantauan untuk mengendalikan harga elpiji serta usulan untuk menguji coba pemberlakuan kartu miskin bagi pengguna gas bersubsidi tersebut. 


"Salah satu upaya untuk membatasi pengguna gas subsidi ini agar tepat sasaran kepada warga miskin yaitu perlu dilakukan uji coba penggunaan kartu. Jadi yang berhak meggunakan tabung gas itu adalah warga yang menggunakan kartu seperti kartu miskin. Upaya ini bisa diuji coba dulu untuk satu desa/kelurahan," kata Ketua DPRD Sinjai Lukman H. Arsal


Sementara iu Pelaksana Tugas Kadis Perindag dan ESDM Sinjai Muh. Saleh siap menjalankan keputusan yang telah disepakati dalam rapat tersebut. 


"Dalam waktu dekat kita akan melakukan operasi pasar di setiap kecamatan dan kita sesuaikan waktu pasar. Untuk jadwalnya akan kita umumkan melalui Radio Suara Bersatu, demikian juga kita nantinya akan umumkan secara update nama-nama Pangkalan dan alamatnya yang menyediakan tabung gas sehingga konsumen yang membutuhkan bisa membeli di Pangkalan tersebut," jelasnya. (*)


Editor : Satria



Komentar0

Type above and press Enter to search.