SK Penetapan Kuota Keluar, Pupuk Bersubsidi di Sinjai Tersalurkan di Tingkat Distributor

1/15/2021 | 20:41 WIB

Bagikan:

 SK Penetapan Kuota Keluar, Pupuk   Bersubsidi di Sinjai Tersalurkan di Tingkat Distributor

INSTINGJURNALIS.com - Setelah dilakukan penebusan, sejak Rabu 13 Januari 2021bpupuk bersubsidi di Kabupaten Sinjai telah didistribusikan ke pengecer yang ada di Kecamatan untuk digunakan oleh para petani. 


Distributor resmi pupuk bersubsidi PT Raja Putra Perkasa, Agung Pratama, membeberkan, pendistribusian pupuk bersubsidi mulai dilaksanakan setelah Surat keputusan (SK) penetapan kuota pupuk terbit dari pusat hingga Kabupaten. 


"Sebenarnya kita sudah tebus dari 11 Januari kemarin dan 13 Januari sore baru saya mulai menyalurkan", kata Agung, Jumat (15/1/2021).


Selama dua hari ini, Agung mengaku telah mendistribusikan pupuk bersubsidi jenis Urea ke 17 pengecer dengan hitungan persentase sekitar 70 persen. 


"Ini sementara berjalan pendistribusiannya. Insya Allah besok rampung semua pengecer khusus untuk pengecer yang lebih banyak wilayahnya RDKKnya ke petani. Tambahannya akan menyusul", sambungnya. 


Senada diungkapkan Aminullah, distributor resmi pupuk bersubsidi Sinar Bulupoddo, jika pendistribusian pupuk bersubsidi ke Kecamatan mulai disalurkan sejak beberapa hari terakhir. 


Kendati demikian, Aminullah tak menapik bahwa pendistribusian pupuk bersubsidi tahun ini terhambat karena SK penetapan kuota pupuk bersubsidi sesuai usulan RDKK terlambat.


"Baru 1-3 hari ini karena adanya kemarin gejolak di lapangan makanya kami percepat distribusi ke pengecer supaya tidak ada hal-hal yang timbul dilapangan", katanya. 


Untuk wilayah kecamatan Sinjai Timur dan Sinjai Utara, Manager CV Sinar Bulupoddo ini menuturkan telah mendistribusikan sebanyak 32 ton pupuk bersubsidi.Baik


"Kalau jenis pupuk bersubsidi yang sudah kami distribusikan itu jenis pupuk Urea, ZA dan SP36", jelasnya. 


Kini pihaknya masih menunggu kuota pupuk selanjutnya yang akan didistribusikan ke pengecer yang ada di Kecamatan. Jenis pupuk bersubsidi yang ditunggu selanjutnya adalah Ponska dan Petroganik. 


Selain pupuk bersubsidi, Sinar Bulupoddo dan Raja Putra Perkasa juga menyediakan pupuk non subsidi yang diperuntukan bagi petani yang tidak tergabung dalam kelompok tani sesuai RDKK yang diusulkan sehingga tidak ada alasan lagi pupuk di Sinjai langka. (*)


Editor : Satria



Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI