Jamin Kualitas Komoditi Perikanan, BKIPM Wilker Bajoe Gelar Pengawasan Terpadu

2/01/2021 | 00:56 WIB

Bagikan:

Penulis : Musriandi

Editor : Muhammad Irham


INSTINGJURNALIS.Com--
Petugas Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) wilayah Kerja Bajoe, Kabupaten Bone, melakukan kegiatan monitoring dan inspeksi dalam pencegahan penyebaran hama hasil perikanan, Sabtu (30/01/2020).


Komoditi perikanan yang masuk dan keluar di Kabupaten Bone menjadi salah satu objek pengawasan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui BKIPM Makassar Wilayah Kerja Bajoe. 


Petugas Karantina Ikan, Ansar Ahmad, mengatakan kegiatan pengawasan terpadu bersama instansi terkait di pelabuan penyeberangan Bajoe rutin dilaksanakan untuk memonitor komoditi perikanan yang keluar ataupun masuk di pelabuhan Bajoe telah sesuai dengan ketentuan regulasi.


“Pengawasan terpadu merupakan kegiatan rutin untuk mencegah penyebaran penyakit ikan serta memberikan jaminan kepada masyarakat agar ikan yang dikirim sehat dan aman dikonsumsi. Selain itu, kami mencegah terjadinya pengiriman ikan yang statusnya dilindungi atau dilarang oleh pemerintah,” terang Ansar, Sabtu (30/01/2021).


Selain itu, menurutnya, komoditi perikanan yang masuk di Kabupaten Bone dapat mendorong peningkatan sektor ekonomi. Seperti, komoditi perikanan yang keluar dari kabupaten dikirim ke Sulawesi Tenggara seperti Benih Udang Vannamei, Benih Ikan  Bandeng dan jenis ikan teri dan bandeng di kirim ke Nusa Tenggara Timur. Sedangkan yang masuk berasal dari Sulawesi Tenggara berupa jenis ikan Tuna, Layang,Kakap Merah,Tongkol serta jenis ikan segar lainnya.


"Sehingga dengan kegiatan monitoring ini, peran kementerian melalui BKIPM dapat menjamin hasil perikanan yang masuk maupun keluar tetap sehat dan aman," tambanya. 


Lebih jauh, menurut petugas yang akan segera bertugas di Pelabuhan Siwa Kabupaten Wajo itu, selain jaminan kesehatan dan mutu hasil perikanan, pengawasan terpadu juga bertujuan untuk mencegah terjadinya perbuatan yang merugikan masyarakat. 


"Peran kami bersama pihak Syahbandar, Polsek, Karantina Kesehatan Pelabuhan dan Karantina Pertanian, juga dapat mencegah lalu lintas ikan yang dilarang, dilindungi dan dibatasi pengeluarannya," tambahnya.



Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI