Desa Barania Sinjai Barat Optimis Pertahankan Juara Lomba Desa

3/17/2021 | 15:10 WIB

Bagikan:

 Desa Barania Optimis Pertahankan Juara Lomba Desa

INSTINGJURNALIS.com - Desa Barania, Kecamatan Sinjai Barat optimistis meraih juara pada loma desa yang digelar oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sinjai.


Pernyataan itu disampaikan langsung Kepala Desa Barania Firman M. Maddolangeng saat tim penilai menyambangi desa yang dipimpinnya, Rabu (17/3/2021).


Mewakili Sinjai Barat pada ajang tersebut, bukanlah hal yang baru bagi Desa Barania, pada tahun 2020 lalu, berhasil mendulang prestasi terbaik pertama.


"Kami tetap optimis menjadi yang terbaik di lomba ini apalagi respon dan semangat masyarakat menyambut penilaian ini sangat besar, akan tetapi semua itu tergantung peniaian dari tim apakah desa kami layak kembali meraih yang terbaik," kata Firman M. Maddolangeng.


Pernyataan Firman untuk mempertahankan prestasi itu, juga beralasan. Sebab, jauh sebelumnya pihaknya telah melakukan persiapan secara matang.


"Salah satu nilai tambah dalam lomba ini adalah inovasi. Alhamdulillah di desa kami memiliki obyek wisata yang sudah cukup dikenal seperti Kampung Galung dan Air Terjun Barania.  Selain itu kami juga mengembangkan obyek wisata baru yaitu "Agrowisata Maddakko," tuturnya. 


Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sinjai, Abd. Halik menuturkan, mengatakan penialaian evaluasi pembangunan desa tahun ini tetap sama dengan tahun sebelumnya yaitu mengacu pada Permedagri 81 tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan desa dan kelurahan.


"Ada tiga bidang yang menjadi obyek penilaian yaitu Pemerintahan desa, kewilayahan dan kemasyarakatan. Itu indikator yang kita nilai hari in ermasuk di desa lain yang mengikui lomba desa, " ujarnya. 


Selain tiga indikator tersebut,  inovasi yang dilahirkan oleh desa juga menjadi salah satu poin penilaian dalam lomba desa tersebut. 


"Kita akan lihat untuk desa Barania ini semoga inovasi yang diciptakan oleh Pemerintah Desa bisa menjadi nilai tambah untuk bersaing drngan desa lain  yang telah dana akan dilaksanakan penilaian," jelasnya.  (*)


Laporan: Satria



Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI