TSMpGUd8BUMoGUMoTSO6TSM7Ti==

Terima Kunjungan Kerja DPD RI, Sekprov Sulsel Singgung Percepatan Pembangunan Infrastruktur

Terima Kunjungan Kerja DPD RI, Sekprov Sulsel Singgung Percepatan Pembangunan Infrastruktur


INSTINGJURNALIS.com - Komite II Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) melakukan kunjungan kerja (Kunker) di Provinsi Sulsel dan diterima langsung oleh Sekretaris Daerah Provinsi (Sekprov) Sulsel, Abdul Hayat Gani di Ruang Rapat Pimpinan (Rapim) kantor Gubernur Sulsel, Senin, 22 Maret 2021.


Dalam sambutannya Abdul Hayat Gani menyampaikan selamat datang di Kota Anging Mamiri. Juga kunjungan ini diharapkanya akan dapat ikut membantu penyelesaian pembangunan infrastruktur yang ada di Sulsel.


“Dan semoga kunker ini dapat bermanfaat dalam penyelesaian pembangunan infrastruktur. Serta peningkatan peran BUMN terhadap akselerasi pembangunan daerah,” kata Abdul Hayat Gani.


Menurutnya, Pemprov Sulsel telah berupaya meningkatkan daya saing sumber daya yang dimiliki. Dalam hal ini dalam peningkatkan inovasi percepatan pembangunan melalui program unggulan dan strategis. Ini untuk mewujudkan visi Plt Gubernur Sulsel inovatif, produktif, kompetitif, inklusif dan berkarakter.


Dalam mewujudkan visi tersebut, Abdul Hayat mengatakan, bahwa khususnya pada sektor pembangunan infrastruktur diimplementasikan ke dalam misi. Yaitu, peningkatan infrastruktur yang berkualitas dan fleksibel serta pembangunan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru yang produktif.


“Kedua misi ini menjadi prioritas dengan proporsi program dan kegiatan cukup besar dalam pelaksanaan RPJMD 2018-2023,” terangnya.


Untuk itu, kata Abdul Hayat Gani, percepatan penyelesaian pembangunan infrastruktur menjadi sangat penting sehingga dapat menstimulas perekonomian daerah.


Abdul Hayat menambahkan, bahwa terdapat tiga infrastruktur strategis yang telah diresmikan oleh bapak presiden RI yakni Bandara Tana Toraja, Kolam Regulasi Nipa-nipa, dan Jalan Tol Layang AP Pettarani.


“Tentu ini menjadi bukti nyata kita bersama dalam mendukung akselerasi pembangunan daerah yang berkelanjutan,” ungkapnya.


Sementara itu, Ketua Tim Komite II DPD RI, Hasan Basri menyampaikan, bahwa terkait kunker tersebut. Yakni seperti yang disampaikan oleh Sekprov membahas progres percepatan penyelesaian pembangunan infrastruktur.


Hasan Basri menambahkan bahwa tujuan kunker ini adalah menangani kegiatan program-program yang ada di Republik Indonesia.


Untuk wilayah Sulsel kata Hasan Basri, ia akan meninjau langsung sejauh mana perkembangan pelaksanaan tentang Undang-undang Nomor 38 Tahun 2004 Tentang Jalan, dan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2003 Tentang BUMN atau BUMD.


Secara rinci kata Hasan Basri, akan menyampaikan beberapa hal terkait permasalahan di sektor jalan di Provinsi Sulsel.


“Pertama, yakni permasalahan listrik dimana, masih terdapat di Kabupaten Sinjai hingga sekarang ini belum dialiri listrik. Kedua, masalah produksi gula yang hingga saat ini masih belum mencukupi kebutuhan produksi gula di Sulsel, dan yang ketiga adalah permasalahan jalan poros Pattallassang Poros-Malino yang berlubang (rusak) sehingga dapat mengancam nyawa pengendara yang melintas,” ungkapnya.


Selain itu, ia juga akan meninjau program strategis Sulsel yakni pembangunan Makassar New Port (MNP). Hal ini dilakukan sebagai bahan hasil pengawasan pembangunan di Sulsel. (*)


Laporan: Satria


Komentar0

Type above and press Enter to search.